Home / Pengembangan Diri / Tips Agar Tidak Gampang Sakit Walau Sering Begadang
moodbooster

Tips Agar Tidak Gampang Sakit Walau Sering Begadang

Semua ahli kesehatan telah menyepakati kalau begadang itu tidak baik untuk tubuh. Banyak banget dampak negatif dari begdang ini. Malam hari itu adalah waktunya untuk tidur. Kalau tubuh dipaksa terus beraktifitas, tubuh akan mudah lelah. Dampaknya, daya tahan tubuh lemah, pada akhirnya gampang banget terkena penyakit, terutama flu.

Sebaiknya sih hindari begadang. Namun, mungkin karena satu atau dua hal menyebabkan Anda terpaksa begadang. Mungkin karena pekerjaan, tugas, nonton film/drama, main game, atau nonton bola, maka jangan sampai sakit karena begadang ya.

Setidaknya ada 3 poin utama yang harus dilakukan agar tetap sehat meski sering begadang. Tenang saja kok, nggak sulit.

  • Siasati jam tidur.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Banyak minum air putih.

Gimana? Nggak sulit bukan? Iya sih tidak sulit, tapi butuh komitmen dan penuh siasat.

1. Siasati jam tidur

Kebutuhan tidur bagi tubuh sekitar 6 sampai 8 jam. Nah, sekarang coba deh siasati jam tidur. Misalnya mencukupkan tidur dengan tidur pagi atau tidur siang. Jangan sampai dalam satu hari itu Anda kekurangan tidur karena akan berdampak buruk.

Misalnya Anda begadang tuh sampai pukul 3 pagi. Terus terpaksa bangun pukul 5 pagi. Berarti tuh masih 2 jam tidur. Nah, coba deh siang harinya tidur 4 jam, hehe. Kalau tidak bisa tidur langsung selama 4 jam, coba deh 2 jam lalu dilanjutkan 2 jam.

Yang penting sih, bagaimana Anda mensiasati waktu tidur Anda agar terpenuhi waktu tidur. Eits, yang diperhatikan disini, jangan sampai kebablasan tidur siangnya ya. Biasa tuh orang yang begadang malam hari, siang harinya dibantai tidur siang sampai 6 jam.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Ini nih penyakit dari begadang, sudah begadang, kurang tidur, makannya kebanyakan makanan berlemak, berminyak, ataupun makanan berbungkus. Yang ada perut jadi lebar tuh karena keseringan begadang.

Kenapa coba tidak sediakan buah-buahan kek sewaktu begadang. Kan bagus tuh, jadi cemilan sehat, hihihi.

Jadi, bagi Anda yang sering banget begadang, jangan suka konsumsi makanan kurang sehat ya. Perhatikan deh nutrisi yang akan dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, tubuh semakin kuat dan tahan terhadap serangan penyakit.

3. Banyak minum air putih

Terakhir dan yang paling sering dilupakan adalah banyak minum air putih. Beda loh ya, sekadar minum air putih dengan banyak minum air putih. Kalau sekadar minum air putih, cukup 1 gelas air putih. Tapi kalau banyak minum air putih, 3 gelas lebih.

Waktu begadang tuh, konsumsi makanan snack yang lebih dari 3 bungkus. Setelah itu hanya minum 1 gelas air putih. Waduh, begini nih tidak seimbang tuh. Tubuh tidak hanya butuh makanan untuk dicerna, butuh air putih juga.

Catat, air putih!

Mungkin Anda sekalian sudah tahu deh, kalau sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Air ini sangat banyak manfaatnya bagi tubuh.

Pada saat begadang itu, dikarenakan organ tubuh dipaksa bekerja, jadinya tuh butuh banyak air. Tubuh butuh banyak air kok kita pelit ngasih air. Lama-lama tubuh jadi ngambek dong.

Kesimpulan

Begadang bukan berarti melupakan waktu tidur yang cukup, makanan bernutrisi, dan asupan air yang cukup. Begadang butuh itu semua. Apalagi kebutuhan air saat begadang itu perlu banget. Coba deh ingat-ingat, saat begadang rasanya tubuh mudah sekali haus, bukan?

Mungkin ada satu atau dua hal yang mengharuskan begadang, tapi jangan sampai sakit ya karena begadang, jaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *