Home / Motivasi Diri / Semangat Pagi dengan Membiasakan Bangun Pagi
semangat pagi

Semangat Pagi dengan Membiasakan Bangun Pagi

Bangun di pagi hari tentu terasa berat. Rasanya gravitasi di tempat tidur itu kuat banget. Bisa sih bangun pagi, pergi ke kamar mandi, mandi, tapi walaupun sudah mandi bersih, kalau di pagi hari tuh, tetap saja bisa tidur. Kenapa ya? Namun, sebaiknya jangan membiarkan kemalasan di pagi hari meredupkan semangat pagi.

Di pagi hari itu penuh dengan oksigen segar yang mampu memberikan pikiran segar. Kapan coba dapat oksigen segar di zaman teknologi ini? Kalau tinggal di pedesaan yang masih sedikit banget kendaraan sih mungkin setiap saat dapat. Namun di pagi hari, hanya di pagi hari dapat oksigen segar.

Banyak banget dampak positif dengan bangun di pagi hari. Selain itu, dengan bangun pagi kita bisa berolahraga ringan di pagi hari atau mempersiapkan sarapan bergizi seimbang. Dengan demikian kesehatan tubuh semakin terjaga.

Semangat pagi dengan membiasakan bangun pagi. Banyak banget hal positif didapat, yakni:

1. Tidak telat

Ayo … rata-rata orang telat kenapa? Biasanya tuh karena bangun telat, terus buru-buru mempersiapkan pakaian. Mandi pun terburu-buru. Setelah itu melihat jam eh ternyata sudah telat banget. Syukur kalau ada kendaraan pribadi atau jarak ke kantor/sekolah dekat, bisa langsung bergerak cepat. Kalau menggunakan angkutan umum, wah … menunggu lagi.

Alhasil menjadi telat. Ketika ditanya kenapa telat, “Hehe telat bangun,” itu mulu alasannya. Iya sih, alasan tersebut adalah kebenaran. Kalau nggak telat bangun pasti nggak bakal telat tuh.

Kalau tidak telat bangun, misalkan bangun pagi pukul 5 pagi. Jadwal masuk kerja atau sekolah pukul 8 pagi. Berarti ada 3 jam untuk mempersiapkan diri untuk berangkat. Mandi sepuasnya, sarapan sepuasnya, bahkan merias diri sepuasnya. Terus berangkat deh tanpa ada rasa was-was di dalam hati.

Kalau tidak telat si bos pun senang. Dengan demikian, pekerjaan semakin baik. Kalau tidak, dengan tidak telat si guru atau dosen pun senang. Dengan demikian, pendidikan semakin baik. Intinya, kalau tidak telat maka banyak hal positif yang didapat.

Jadi, semangat pagi dengan membiasakan bangun pagi….

2. Ada waktu sarapan bergizi seimbang

Atur Pola Makan

Kalau misalnya nih, bangun nggak telat-telat amat deh. Bangun pukul 7 pagi sedangkan jam kantor atau sekolah mulai 8 pagi. Merias diri satu jam, mandi satu jam, memilih pakaian satu jam. Oh … kapan bisa sarapan bergizi seimbang?

Eh, bisa sih sarapan. Kalau mandi secepatnya, merias diri secepatnya, masih bisa sih. Tapi kan jadinya tidak begitu menikmati sarapan tersebut, jadinya makan buru-buru. Selesai sarapan langsung pergi mandi, eh, tidak bagus loh habis sarapan langsung mandi.

Coba deh kalau bangun pukul 5 pagi, terus jam kerja atau sekolah pukul 8 pagi. Wah … bakal bisa sih sarapan nikmat dan bergizi. Kalau bisa masak, masak sarapan bergizi sesuai dengan selera. Setelah itu, makan dengan nikmat. Waktu masih lama nih, masih bisa duduk bentar menunggu perut mencerna makanan.

Sarapan itu termasuk penting bagi kesehatan kita. Sebelum melakukan aktivitas, sebaiknya perut diisi dulu. Seperti ingin mengendarai kendaraan, bensin diisi dulu. Tentu beda performa dengan kendaraan bensin full dengan bensin tidak full. Begitu juga dengan manusia. Terlihat banget tuh bedanya performa manusia yang sarapan pagi bergizi seimbang dengan tidak sarapan.

Pastinya lebih semangat deh kalau kita sarapan pagi bergizi seimbang terlebih dahulu. Perut sudah diisi, artinya bahan bakar telah diisi. Otak pun dapat bekerja secara maksimal. Begitu juga dengan otot. Mereka seolah berkata, “Baiklah, kami siap bekerja!”

3. Mampu menyempatkan diri berolahraga pagi

Semangat pagi dengan berolahraga pagi tentu banyak banget manfaatnya. Memberikan kesegaran dalam tubuh, mengurangi kadar lemak, mengurangi kolesterol, membentuk tubuh yang ideal, dll. Sebenarnya olahraga bisa dibilang kewajiban manusia, karena manusia yang malas berolahraga rentan dengan berbagai penyakit.

Bangun di pagi hari, setelah kesadaran penuh, menyempatkan dulu olahraga sekitar tiga puluh menit. Lalu sarapan, setelah sarapan mandi. Wah … nikmat banget tuh. Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, rasanya badan ini terasa segar.

Ketika badan segar, maka dapat melakukan pekerjaan secara maksimal. Hasil yang didapat juga akan baik. Si bos pun senang. Artinya memberikan hal yang positif bagi kehidupan kita.

4. Pergi ke kantor atau sekolah bebas macet

Semangat pagi tanpa macet merupakan impian semua orang. Kalau tinggal di daerah yang masih belum banyak kendaraan sih tidak ada ngaruhnya. Tidak ada macet sama sekali. Tapi bagaimana jika hidup di perkotaan, dengan banyak banget kendaraan pribadi. Macet merupakan hal yang paling menyebalkan, setuju nggak?

Pergi ke kantor atau sekolah, belum tiga puluh menit sudah terjebak macet. Aduh … pada pegal nih kaki menunggu kemacetan. Yang seharusnya bisa ditempuh dengan jarak 15 menit saja, karena macet menjadi 30 menit. Artinya, 15 menit waktu terbuang percuma di perjalanan.

Kalau bangun pagi diharapkan bisa berangkat tanpa macet. Karena memang bisa berangkat pagi-pagi sekali. Ketika orang-orang sedang mempersiapkan diri semangat pagi, Anda sudah berangkat. Tentu saja jalanan itu sepi banget. Tanpa macet artinya tidak telat dong ya.

Kadang kalau dipikir-pikir sih, sebal juga ya ketika terjebak macet. Kadang kita ini mengumpat beberapa orang karena menyebabkan kemacetan. Padahal, salah satu penyebab kemacetan itu sendiri adalah karena diri kita. Coba kalau kita bangun pagi, tentu kita bisa berangkat tanpa terjebak macet.

5. Dapat menghirup oksigen segar

Hidup Cuma Sekali

Ini tidak berlaku bagi Anda yang tinggal di pedesaan, yang mana udara masih segar. Masih banyak banget pohon-pohon segar sebagai penyumbang oksigen. Kalau di sana sih, mau pagi siang, malam tidak ada ngaruhnya. Masih memberikan oksigen segar.

Tapi bagaimana dengan perkotaan? Tentu saja situasinya berbeda. Di perkotaan, kendaraan tuh banyak banget. Selain itu, ada juga yang namanya asap pabrik. Tidak usah dulu dibahas asap pabrik, asap kendaraan saja dibahas.

Asap kendaraan itu salah satunya adalah CO2, itu adalah gas yang dibuang manusia juga. Ketika kita berjalan di tengah padatnya kendaraan, tanpa sadar kita juga menghirup CO2. Beruntung hidung mampu memfilter gas mana yang boleh masuk ke dalam tubuh.

Jadi, sudah menghirup oksigen, tanpa sengaja menghirup CO2, wah tidak baik nih. Kalau di pagi hari, kendaraan masih sepi. Jadinya kita mampu menghirup oksigen segar tanpa terhirup gas lain.

Penutup

Memang sih, bangun pagi itu sulit sekali. Walaupun sebenarnya kita tahu banyak banget hal positif yang didapat, tetap saja malas bangun pagi. Entah keapa gitu, melawan rasa malas di pagi hari itu terasa sulit.

Semangat pagi dengan bangun pagi, banyak hal positif yang didapat dari hal tersebut. Sudah, jangan repot-repot mencari penelitian terbaru mengenai manfaat bangun pagi. Anda saja sudah mampu merasakan semangat dari bangun pagi. Pikiran menjadi lebih terasa segar, menjalankan aktivitas menjadi semangat, bebas macet, bisa olahraga, bisa sarapan, dll. Yang intinya, banyak hal positif didapat dengan bangun pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *