Home / Pengembangan Diri / Selain Pemanasan Sebelum Olahraga Sebaiknya Lakukan 4 Hal Berikut
Selain Pemanasan Sebelum Olahraga Sebaiknya Lakukan 4 Hal Berikut

Selain Pemanasan Sebelum Olahraga Sebaiknya Lakukan 4 Hal Berikut

Olahraga memang bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Dengan berolahraga, maka kita mendapatkan tubuh yang sehat, atletis, good looking, dan tentu saja menambah kepercayaan diri. Namun, hal itu didapat jika mengikuti aturan olahraga yang benar. Yaps, olahraga itu ada peraturannya juga, termasuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Selain itu? Selain pemanasan sebelum olahraga sebaiknya lakukan beberapa hal.

Kenapa hal tersebut dilakukan? Karena hal tersebut penting. Pemanasan juga penting, namun selain pemanasan sebelum olahraga juga ada beberapa hal yang penting juga. Salah satunya, jangan lupa makan. Jangan biarkan olahraga dalam perut keroncongan.

Jadi, ikutilah beberapa hal berikut, agar olahraga lebih bermakna. Kita menginginkan olahraga itu membentuk tubuh yang sehat dan atletis. Jangan sampai olahraga memberikan dampak negatif bagi tubuh kita.

Selain Pemanasan Sebelum Olahraga

Nah tanpa mempersingkat kata, selain pemanasan sebelum olahraga sebaiknya lakukan 4 hal berikut.

1. Tidur yang cukup

Selain pemanasan sebelum olahraga, pastikan dahulu tidur yang cukup. Banyak yang beranggapan kalau penderita insomnia tidak baik melakukan olahraga, ada benar dan tidaknya juga sih. Karena olahraga itu harus cukup tidur. Jangan melakukan olahraga dalam keadaan ngantuk, artinya olahraga itu terlalu dipaksakan. Tidak baik, badan sudah teramat lelah, dipaksa untuk bekerja keras. Seperti Anda yang sudah lelah banget, pingin istirahat dipaksa untuk bekerja keras. Apa yang terjadi? Tentu saja hasilnya tidak akan maksimal, bisa-bisa Anda pun bakal pingsan juga.

Jadi, kalau ditanya apakah lebih memilih tidur daripada olahraga? Ya, lebih baik aman tidur dahulu deh. Tidur dulu sampai cukup, sampai seluruh organ tubuh terasa segar bugar kembali baru deh melakukan olahraga.

Karena hal itu, bagi Anda yang insomnia, maka sebaiknya perhatikan gejala dan atasi insomnia tersebut. Memang insomnia itu adalah gangguan tidur, namun gangguan tidur itu tidak terjadi dengan alami, pasti ada faktor eksternal yang membuat Anda insomnia.

Oh ya, ketika Anda semalam hari begadang suntuk, sebaiknya hindari melakukan olahraga atau pekerjaan berat. Karena hal tersebut akan memberikan efek negatif bagi tubuh Anda. Hingga akhirnya akan berdampak negatif bagi kesehatan. Lebih baik, kalau Anda begadang semalam suntuk, penuhi kebutuhan tidur Anda di pagi harinya. Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas apalagi berolahraga.

2. Banyak minum air putih

Banyak yang beranggapan kalau manusia itu mirip kantong air, hihihi. Sekedar informasi saja, 75% tubuh manusia terdiri atas air. Tentunya pada bayi, kandungan air pada tubuh lebih banyak daripada dewasa. Persentase air yang berkurang akibat aktivitas manusia pada orang dewasa sampai 50%. Kandungan air di dalam tubuh bervariasi jumlahnya, tergantung dengan komposisi tubuh (singkatnya makin berat tubuh makin banyak air yang terkandung). Semua organ vital di dalam tubuh mengandung air, seperti:

  • Otak berkisar 73%
  • Paru-paru berkisar 83%
  • Jantung berkisar 73%
  • Hati berkisar 71%
  • Ginjal 79%

Kandungan air di dalam tubuh lebih besar daripada kandungan air pada tulang yang hanya berkisar 31%.

Waduh, banyak juga ya kandungan air di dalam tubuh kita. Harus benar-benar diperhatikan asupan air putih. Apalagi pada saat olahraga, organ vital tubuh akan bekerja keras dua kali lipat dari biasanya. Tentu saja akan membutuhkan air yang sangat banyak untuk aktivitas organ tubuh. Belum lagi ada cairan tubuh yang terbuang akibat dari olahraga.

Apa yang terjadi kalau tubuh kekurangan air? Dampak ringan dari kekurangan air adalah badan lemas banget. Hal ini seperti organ vital tubuh kekurangan bahan bakar untuk bekerja. Dengan demikian para organ tidak bekerja dengan maksimal. Karena itu, selain pemanasan sebelum olahraga sebaiknya minum air putih yang cukup. Minum air putih! Bukan minuman lain.

3. Siapkan daftar musik

Ini bagi Anda yang memang olahraga senang mendengarkan musik. Kalau bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga mendengarkan musik tidak usah dilakukan. Karena toh tidak ada gunanya bagi Anda jika memang olahraga tidak mendengar musik.

Oh ya, ada sih gunanya kalau olahraga sambil mendengarkan musik. Katanya sih berguna banget.

Manfaat utama musik mampu meningkatkan mood, mengendalikan gairah, mengurangi tenaga yang dirasakan, meningkatkan gairah bekerja, meningkatkan gairah mengerjakan suatu keterampilan, meringankan dari perasaan sakit dan kelelahan. Manusia juga merespon sesuai dengan irama musik. Musik tersinkron dengan manusia melalui irama mampu menghasilkan efek ergogenic (artinya kecenderungan untuk tidak memikirkan kelelahan. Fokus pikiran adalah mendengarkan musik yang sesuai irama dan tidak berfokus pada kelelahan). Karena hal itu, banyak para atlet berlatih sambil mendengarkan musik, karena mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam berlatih (Terry, P, 2006).

Secara tidak langsung musik mampu memperkuat ketahanan tubuh dalam berolahraga. Memang sih, dengan mendengarkan musik mampu membuat semangat olahraga bertambah.

4. Konsumsi makanan bergizi

Ini baik sebelum olahraga, kehidupan sehari-hari, maupun sesudah olahraga. Jangan sampai membiasakan makanan yang kurang bergizi, karena itu akan berdampak fatal bagi kesehatan tubuh.

Bayangkan tubuh tersebut seperti mesin mobil yang sangat bagus. Mesin mobil termahal deh dengan teknologi terbaru. Kalau mobil tersebut tidak pernah digunakan untuk jalan-jalan, lama kelamaan bakal rusak. Terpaksa deh sesekali dibawa jalan-jalan, hehe. Nah, pada mesin tersebut membutuhkan bahan bakar, bensin misalnya. Kalau mobil tersebut diberi bensin yang kualitas buruk, bensin yang dicampur dengan air, lama kelamaan bakal rusak tuh mobil. Belum lagi kalau oli yang digunakan adalah oli abal-abal, bekas lagi.

Mesin mobil dengan harga termahal, bentuk terbaik, dan teknologi termaju itu mirip dengan tubuh kita. Kalau tubuh tidak pernah dipakai untuk berolahraga, tubuh bakal rusak sendiri. Ada saja yang salah pada tubuh kalau tidak berolahraga. Mau tidak mau, harus dibiasakan berolahraga.

Nah, agar tubuh mampu bekerja secara maksimal, maka dibutuhkan bahan bakar. Bahan bakar tersebut adalah makanan dan minuman. Agar tubuh semakin baik maka dibutuhkan makanan bergizi seimbang. Jangan berikan makanan yang tidak bergizi apalagi yang hanya mengandung penyedap rasa saja tanpa gizi terkandung di dalamnya. Tubuh bakal tersiksa karena bahan bakar yang diisi adalah bahan bakar abal-abal.

Apalagi bagi tubuh yang berolahraga, yang mana tubuh bekerja keras. Berarti membutuhkan asupan bahan bakar yang banyak lagi baik. Tubuh itu sangat cerdas. Dia tahu mana asupan gizi yang baik mana yang tidak. Kalau gizi makanan tidak baik, maka dibiarkan menumpuk di dalam tubuh. Cara mengeluarkan asupan yang menumpuk tersebut dengan berolahraga. Kalau tidak dibuang, maka akan menjadi sumber penyakit.

Jika asupan makanan bergizi baik, maka langsung diolah sebagaimana mestinya. Tubuh tidak ingin menyia-nyiakan gizi yang baik. Oh ya, ada juga sih beberapa kasus asupan gizi yang baik tapi dibiarkan menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebut karena telah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang namun tidak pernah berolahraga. Sehingga lebih banyak pemasukan daripada pengeluaran. Hal ini juga tidak baik, mampu menimbulkan sumber penyakit ke depannya.

Penutup

Olahraga memang baik, banyak banget manfaat yang didapat. Oh ya, sebelum olahraga sebaiknya lakukan pemanasan. Namun, selain pemanasan sebelum olahraga sebaiknya lakukan 4 hal berikut, yaitu: tidur yang cukup, banyak minum air putih, siapkan daftar musik (optional), dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *