Home / Kisah Inspiratif / Pohon yang Menjulang Tinggi Sekalipun pasti Akan Runtuh Juga
Pohon yang Menjulang Tinggi Sekalipun pasti Akan Runtuh Juga

Pohon yang Menjulang Tinggi Sekalipun pasti Akan Runtuh Juga

Apakah kita pernah melihat pohon yang menjulang tinggi? Pohon yang telah mencapai tinggi 40 meter lebih. Bagaimana cara kita memandang pohon tersebut? Begitu takjub dan begitu berwibawa, bukan.

Dulunya memang pohon tersebut kecil. Dia masih pohon kecil dengan batang, akar, dan daun yang sangat lemah. Beruntung ada pohon besar lain yang melindungi pohon tersebut. Pohon kecil itu terus berjuang untuk hidup.

Pohon besar yang melindunginya terus membesar dan berwibawa. Pohon kecil semakin tumbuh besar. Awalnya dia sering meminta makanan dari pohon besar, namun semakin dia berkembang dia mulai bisa mengambil makanan sendiri.

Pohon kecil tidak lagi disebut pohon kecil. Dia bisa dikatakan sudah beranjak dewasa. Tingginya diperkirakan 2 meter. Dia terlihat gagah sekali. Pohon tersebut seakan belajar dari pohon besar, bagaimana cara dia menghadapi dunia ini.

Tahun berganti tahun. Pohon besar yang melindunginya sudah tua renta. Pohon tua tersebut tidak bisa lagi melindungi pohon kecil yang mulai beranjak dewasa. Lambat laun pohon besar tersebut semakin mudah terkikis batang pohonnya.

Zaman pun berganti, pohon yang dulunya kecil, kini telah berganti menjadi pohon besar. Bahkan lebih besar dibandingkan pohon yang melindunginya dulu. Mungkin, pohon kecil ini lebih besar dibandingkan pohon-pohon yang lain.

Hukum dunia berlaku, semakin tinggi maka semakin besar angin berhembus. Dulu dia tidak begiu merasakan angin karena ada pohon besar yang melindunginya. Namun, ketika dia telah berdiri sendiri, dia merasakan angin yang sangat kuat.

Bukan hanya angin. Perubahan cuaca juga menjadi ancaman terbesar baginya. Selain itu, beberapa binatang kecil mulai menggerogoti batangnya.

Hingga akhirnya, pohon besar yang berdiri gagah tersebut akhirnya tumbang. Banyak faktor yang membuat dia tumpang. Bisa jadi karena angin yang berhembus terlalu kencang. Perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi. Mungkin karena ada binatang lain yang ukurannya kecil menggerogoti batangnya. Atau bisa jadi ada pohon lain yang muncul yang lebih besar daripada pohon tersebut.

Ingatlah, awalnya kita ini sangat lemah, bahkan terlalu lemah. Kalau tidak ada orang yang melindungi kita, kita tidak mungkin bisa hidup. Awalnya kita ini bahkan tidak tahu cara makan. Yang kita tahu hanyalah menangis.

Namun, ketika kita telah dewasa, telah sukses, telah menjadi orang besar. Akan sangat banyak cobaan yang dihadapi. Bisa jadi karena cobaan hidup yang berat. Seperti angin berhembus sangat kuar dirasa ketika pohon tumbuh semakin tinggi.

Bisa jadi karena ada orang yang mulai menusuk dari belakang. Dia memang bukan orang besar, namun tusukannya sangat tajam dan menyakitkan. Atau bisa jadi karena persaingan sesama orang besar.

Intinya, ketika kita menjadi orang besar maka semakin besar tekanan yang dirasakan. Ketika kecil dulu, tekanan yang didapat sedikit karena ada yang melindungi.

Jadi ingatkan, kita ini awalnya lemah, karena ada orang yang melindungi dan mengajarkan kita, kita pun semakin tinggi. Namun, semakin tinggi maka cobaan akan sangat berat.

Kesimpulan

Kehidupan yang mudah itu ketika kita masih kecil, ketika ada seseorang yang melindungi kita. Seperti pohon yang tumbuh subur ketika ada yang melindungi. Namun semakin tinggi pohon, semakin banyak cobaan yang dihadapi. Semakin tinggi kedudukan/keberhasilan, semakin banyak ujian yang dihadapi.

Ketinggian itu bukan sesuatu yang dibanggakan sebenarnya. Karena suatu saat nanti akan jatuh juga. Seperti pohon yang menjulang tinggi di angkasa, tidak selamanya berada di atas. Suatu saat dia akan tumbang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *