Home / Pengembangan Diri / Mau Tahu Apa Itu Moodbooster? Yuk Silahkan Diintip
moodbooster

Mau Tahu Apa Itu Moodbooster? Yuk Silahkan Diintip

Moodbooster, sebenarnya apa sih arti dari kata tersebut? Akhir-akhir ini, kata tersebut sangat familiar di telinga anak muda. Eh, orang tua sudah mulai familiar deh. Rasanya, kata ini merupakan kata yang sangat sering di dengar.

Sejatinya, moodbooster berasal dari dua kata. Yaps, dua kata doang yang berasal dari Bahasa Inggris. Yaitu “mood” yang artinya suasanya hati dan “booster” yang artinya peningkatan. Jadi, moodbooster bisa dikatakan sebagai peningkatan suasana hati. Jadi bahasa sederhananya yaitu “semangat”.

Oh ya, ayo … siapa yang baru mengetahuai arti kata mood, ayooo? Hehe, banyak sih orang mengatakan, “Ih, mood nggak enak nih,” “Ih saya lagi mood nih,” dll, tapi terkadang tidak tahu arti sebenarnya dari kata mood, hihihi. Begitu juga dengan moodbooster.

Sekarang sudah tahu kan?

Apa Yang Dilakukan Supaya Moodbooster?

Nah, untuk tetap moodbooster ada beberapa cara yang dilakukan. Tentunya, suasana hati tidak selamanya membaik, ada kalanya menurun dan bahkan turun anjlok. Ada kalanya sedang naik-naiknya, bahkan terlalu naik. Itulah kehidupan. Tidak ada yang namanya sama. Hari ini, sangat jauh berbeda dari hari kemarin.

1. Ingat tujuan

Setiap orang yang bersemangat pasti punya tujuan untuk menggapai sesuatu. Walaupun tujuan tersebut tidak semuanya merupakan tujuan yang besar sih. Namun tujuan itulah yang membuat dia untuk selalu bersemangat, apapun keadaannya baik suka maupun duka.

Suka duka dia hadapi demi sebuah tujuan. Sudah tidak terhitung lagi berapa duka yang dijalani, dan sudah tidak terhitung lagi berapa suka yang dijalani. Semua itu demi tercapainya tujuan dia. Karena itulah seseorang itu dikatakan hidup.

Namun terkadang, seseorang lupa aka tujuannya. Penyebab dia lupa tujuan ada beberapa faktor. Bisa jadi karena kegagalan, bisa jadi karena lingkungan, atau bisa jadi karena temannya yang mematahkan tujuan tersebut. Dan di saat seperti itu, seseorang bisa dikatakan tidak mood lagi. Seseorang yang tidak memiliki tujuan, terlihat tidak bersemangat dalam kesehariannya.

Maka dari itu, mengingat tujuan awal merupakan langkah yang sangat penting. Dengan mengingat tujuan tersebut, diharapkan mood dia menjadi booster, lebih bersemangat menghadapi hidup. Terkadang, penting juga untuk menempel tujuan hidup di dinding, sebagai pengingat.

2. Jangan takut gagal

Gagal dalam hidup itu biasa. Semua orang pernah merasakan yang namanya kegagalan. Sejak kecil, semua orang pasti pernah gagal. Namun yang luar biasa yaitu bangkit dari kegagalan. Dan tidak semua orang mampu bangkit dari kegagalan.

Ada yang terpuruk, ada yang merenung saja, ada yang ingin mengakhiri hidupnya ketika kegagalan menyerang. Dan di saat itulah tidak ada semangat dalam hidup. Dan ini merupakan hal yang patut dihindari. Boleh gagal, tapi jangan terlalu bersedih.

Gagal itu adalah skenario kehidupan untuk mengatakan, apa yang kita lakukan itu ada kesalahan, atau tidak baik untuk kita. Dengan demikian, ketika terjadi kegagalan, maka mulailah introspeksi diri, apakah ada kesalahan yang dilakukan, atau apakah tujuan itu baik untuk diri.

Jangan terlalu bersedih ketika gagal. Berusahalah untuk bangkit, pelajari dari kegagalan itu karena pastinya ada hikmahnya.

3. Berlibur

lihatlah ke bawah dalam masalah harta

Rutinitas pekerjaan atau sekolah memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun, sekali-kali perlu yang namanya liburan. Karena liburan adalah moodbooster yang sangat baik. Lepas daripada rutinitas harian, mampu memperbaiki mood (www.rd.com).

Sekarang tinggal pilih, mau berliur di pinggir pantai atau berlibur di gunung. Dengan melihat pemandangan biru atau melihat pemandangan hijau. Keduanya memberikan efek yang baik sebagai pembangkit semangat.

Dengan perginya berlibur, misal pergi ke pantai, maka membuat pikiran menjadi lebih segar. Ada sesuatu yang baru untuk diolah oleh pikiran, bukan hanya rutinitas sehari saja. Dengan kesegaran pikiran yang didapat, diharapkan semakin produktif dalam menjalankan keseharian.

Namun hal yang perlu ditekankan di sini, jangan terlalu sering berlibur sehingga menghabiskan seluruh penghasilan. Hal tersebut sangat tidak baik, karena akan menimbulkan efek negatif ke depannya.

Berlibur juga tidak harus pergi ke tempat yang mahal. Di taman kota merupakan berlibur yang murah namun cukup efektif. Oh ya, berlibur ke Mall sambil berbelanja juga cukup efektif juga.

Pada zaman ini, pilihan berlibur cukup banyak. Sekarang kita yang memilih sesuai dengan kebutuhan. Berlibur sesuai kebutuhan, untuk melepaskan rutinitas sejenak dan membangkitkan semangat. Bukan karena gengsi.

4. Mendengarkan lagu

Dengan mendengarkan lagu, maka tubuh menghasilkan hormon dopamine, endorphins dan oxytocin yang berperan sangat penting dalam membangkitkan mood (www.netdoctor.co.uk).

Maka dari itu, mendengarkan lagu memberikan manfaat yang sangat baik, terutama bagi meningkatkan mood diri ini. Maka wajar, industri lagu semakin berkembang, karena kebutuhan manusia akan lagu tersebut sangat tinggi.

Oh ya, sebaiknya mendengarkan lagu dengan genre “happy”, jangan mendengarkan lagu dengan genre “sedih”, ketika mendengarkan lagu happy, maka mood semakin baik. Nada positif akan melekat ke tubuh. Namun dengan mendengarkan lagu sedih, maka kesedihan dari lagu itu, sedikitnya mempengaruhi diri.

5. Family time

Ketika sedang sibuk, maka waktu untuk keluarga semakin jarang dilakukan. Padahal, salah satu sumber kebahagiaan terbesar ada di keluarga. Berapa banyak sih seorang ayah yang lupa dengan keluarganya karena sibuk, seorang ibu juga lupa dengan keluarganya, sehingga menyebabkan anak juga lupa dengan keluarga. Apakah ada kebahagiaan di dalam keluarga tersebut? Walaupun harta yang melimpah, namun kebahagiaan sangat jauh menghampiri mereka.

Jika kebahagiaan tidak menghampiri mereka, tentu saja semangat akan hidup menjadi turun. Kebahagiaan adalah salah satu sumber semangat. Seorang ayah yang betapa bahagianya dia melihat anaknya tersebut, hal tersebut membuat dia bekerja keras tanpa henti.

Maka dari itu, sesibuk apapun pekerjaan atau rutinitas harian, sediakan waktu untuk keluarga. Dengan demikian kebahagiaan itu rasanya sangat dekat. Bahkan, melihat senyuman keluarga mampu membangkitkan semangat secara misterius.

6. Bersyukur

cara mengatasi malas

Apa artinya hidup bila tidak bersyukur. Hidup terasa hampa. Dan pada akhirnya, tidak ada semangat dalam hidup.

Bersyukur adalah salah satu cara menikmati hidup. Dengan demikian, hidup semakin terasa.

Boleh-boleh saja melihat ke atas, tapi ingat, melihat ke atas hanya untuk memotivasi diri. Dan jangan lupa untuk melihat ke bawah, masih banyak kehidupan yang lebih buruk dari kita. Hal itu membuat diri semakin bersyukur, dan memunculkan empati untuk membantu orang yang lebih membutuhkan.

Penutup

Semangat hidup itu sangat penting, tanpa semangat hidup terasa tidak ada artinya. Dengan semangat, manusia semakin berkembang menjadi lebih baik. Dengan semangat, segala tantangan yang menghadang berhasil diatasi.

Namun ada kalanya semangat itu turun. Itulah perlu antisipasi ketika semangat tersebut turun. Dukungan dari sahabat maupun keluarga merupakan hal sangat diperlukan. Dengan mereka, segala kerisauan hati akan sirna begitu saja.

Moodbooster perlu dijaga. Agar hidup menjadi lebih baik dan lebih bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *