Home / Pengembangan Diri / 10 Tips Mengatasi Kantuk Sehabis Begadang Semalaman
Mengatasi Kantuk

10 Tips Mengatasi Kantuk Sehabis Begadang Semalaman

Sebenarnya begadang itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Banyak banget penyakit yang ditimbulkan kalau begadang, salah satunya sih memicu stress. Karena orang yang kurang tidur tuh biasanya emosinya gampang naik. Namun ada kalanya kita terpaksa harus begadang dan pada pagi harinya mengerjakan aktivitas seperti biasanya. Maka dari itu, ada beberapa tips mengatasi kantuk sehabis begadang semalaman.

Ya emang sih, cara mengatasi ngantuk karena kurang tidur itu sulit banget. Namanya tubuh butuh banget akan istirahat. Seluruh organ tubuh akan beristirahat ketika sedang tidur. Ketika kekurangan tidur, maka kinerja organ tubuh tidak maksimal.

Makanya wajar kalau sehabis begadang semalaman rasanya pagi harinya ngantuk banget. Bahkan nih ya, ada beberapa orang mampu tidur sambil duduk karena ngantuk banget. Saking ngantuknya, tidak peduli dimana tempatnya, ada kesempatan tidur bakal tidur juga.

Tips Mengatasi Kantuk Sehabis Begadang

Tanpa mempersingkat kata, berikut 10 tips mengatasi kantuk sehabis begadang semalaman.

1. Berada di tempat terkena sinar matahari

Entah kenapa sih, kalau berada di tempat terkena sinar matahari, rasanya mata segar bugar. Mungkin Anda juga merasakan demikian. Ketika Anda sedang asyik tidur, masih berada di dalam mimpi yang indah. Ketika ada sinar matahari yang mengenai wajah Anda, tiba-tiba Anda bangun. Kalau ingin tidur, tutupi dulu jendela dengan kain agar matahari tidak masuk lalu melanjutkan tidur.

Jadi, kalau semalaman begadang dan pada pagi harinya harus bekerja secara maksimal, usahakan tubuh terkena sinar matahari. Jangan biarkan tubuh langsung berada di ruang yang tidak terkena sinar matahari plus terkena AC pula. Wah … rasanya bakal kantuk berat tuh.

Jika Anda bekerja di ruangan yang tidak terkena sinar matahari plus berada di ruang AC pula, sebelum berangkat ke kantor, usahakan tubuh terkena sinar matahari. Biarkan tubuh menikmati sinar matahari sekitar sepuluh menit.

2. Mandi di pagi hari

Eh, ada ya orang yang tidak mandi sebelum beraktivitas? Ada bahkan banyak. Entah kenapa gitu, malas gitu mandi. Apalagi sehabis begadang, rasanya makin malas untuk mandi. Jika terkena air di pagi hari, rasanya mengurungkan niat untuk mandi.

Namun justru inilah yang membuat badan semangat. Sehabis begadang, misalnya ketika pukul enam pagi sebelum berangkat kerja/sekolah, cobalah mandi. Air yang dingin tersebut akan membuat Anda semakin bersemangat. Rasanya air tersebut akan menampar badan Anda untuk terus beraktivitas.

Memang iya sih, beda gitu mandi setelah tidur cukup dengan habis begadang. Ketika habis begadang, tubuh rasanya lemas banget. Ketika terkena air dingin rasanya dingin banget tuh air. Kalau tidur cukup, ketika terkena air dingin, rasanya biasa saja.

3. Buatlah daftar kegiatan

Apakah Ada Orang Sukses Instan dan Bertahan Lama

Sehabis begadang, cobalah membuka catatan khusus. Buatlah daftar kegiatan yang akan Anda lakukan di pagi hari sampai malam hari. Sambil membuat daftar kegiatan imajinasikan apa yang terjadi. Misalnya Anda membuat pukul 09.00 mengerjakan dokumen, bayangkan Anda mengerjakan dokumen. Lalu pukul 13.00 makan siang, coba bayangkan deh menu apa yang hendak Anda makan.

Kenapa hal ini dikatakan mampu mengatasi kantuk? Karena membuat otak Anda berpikir. Ketika otak Anda berpikir, Anda tidak akan merasa kantuk, kecuali kalau sedang belajar. Misalnya Anda habis begadang, pada pagi harinya Anda bermain game yang sangat seru. Ayo … apakah Anda akan ngantuk atau tidak.

Intinya sih jangan biarkan pikiran kosong. Kalau pikiran kosong maka kantuk akan menyerang. Apalagi kalau sedang duduk tidak ada kegiatan, pikiran kosong sambil menutup mata pula. Sudah deh, bakal tidur.

4. Mengobrol bersama teman

Ini juga efektif untuk mengatasi kantuk sehabis begadang. Karena dengan mengobrol, rasanya otak telah bekerja, tidak dibiarkan kosong. Dan lagi kalau mengobrol dengan obrolan santai, rasanya senang banget hati.

Ketika obrolan mengarah ke arah obrolan berat, misalnya mulai berdebat akan masalah penting. Otak semakin bekerja lebih keras, rasa kantuk pun tidak akan terasa. Yang ada mata terasa segar, siap untuk memulai aktivitas.

Walaupun risikonya sih ada. Pada malam harinya tubuh tidak akan kuat. Rasanya ingin cepat-cepat ke tempat tidur dan tidur sepuasnya. Hal ini karena otak telah bekerja dua tidak lima kali lipat lebih keras.

5. Berolahraga

Biarkan tubuh bekerja untuk mendapatkan kesegaran. Jangan biarkan pikiran kosong. Setelah begadang semalaman, pada pagi harinya cobalah untuk berolahraga santai. Misalnya dengan berlari pagi. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi kantuk.

Coba deh, ketika Anda merasa kantuk terus Anda berlari santai gitu. Apakah Anda merasa kantuk kembali? Tidak bukan. Tubuh Anda rasanya segar bugar siap untuk melakukan aktivitas kembali.

Selain itu, berolahraga juga salah satu ara efektif untuk membuang lemak yang menumpuk dalam tubuh. Tentu saja Anda tidak menginginkan lemak yang menumpuk bukan? Takutnya lemak tersebut akan mendatangkan penyakit.

6. Banyak minum air putih

Yang pastinya ketika begadang tubuh kekurangan cairan tubuh. Perlu Anda ketahui kalau tubuh terdiri sebagian besar atas air. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka rasanya tubuh akan lemas banget.

Satu-satunya cara untuk menyuplai cairan tubuh dengan minum air putih. Tidak ada lagi cara selain itu. Jadi jangan malas minum air putih. Hal ini untuk kebaikan Anda juga. Dengan cukupnya cairan tubuh, maka siap untuk menjalankan aktivitas.

7. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Sudah begadang semalaman, memakan cemilan penuh dengan lemak pula. Tentu hal ini tidak baik. Tidak baik untuk kesehatan dan tidak baik untuk kesegaran aktivitas pagi. Kalau tubuh sudah begadang, maka banyak banget cairan dan gizi yang telah digunakan. Perlu pasukan gizi baru.

Jadi cobalah untuk konsumsi makanan bergizi seimbang. Apalagi pada pagi harinya, jangan malas untuk sarapan. Setelah makan serta minum air putih yang cukup. Lalu pergi beraktivitas. Jangan seperti ini: setelah sarapan lalu minum air putih, setelah itu pergi ke tempat tidur.

Apakah dengan sarapan pagi merupakan salah satu cara mengatasi ngantuk yang berlebihan? Hehe tidak juga sih. Pasti ada orang yang merasakan kalau sudah kenyang maka rasa kantuk pun datang. Sarapan bergizi bukan seutuhnya mengatasi kantuk namun bertujuan untuk mensuplai gizi yang dibutuhkan tubuh.

8. Cobalah minum kopi

Banyak yang beranggapan minum kopi merupakan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari dan juga cara menghilangkan ngantuk berat. Karena kopi mengandung kafein yang efektif banget untuk mengatasi kantuk.

Namun sebaiknya jangan terlalu sering meminum kopi. Karena kalau banyak mengkonsumsi kopi akan berdampak fatal pada tubuh. Salah satunya adalah mampu meningkatkan aliran darah berlebih.

Cobalah minum kopi secukupnya saja.

9. Dengarkan musik pembangkit semangat

moodbooster

Ada beberapa tipe musik. Ada pembangkit semangat, ada juga meningkatkan mood, namun ada juga yang membuat ngantuk. Kalau mendengarkan musik yang membuat ngantuk, rasa kantuk akan terasa lebih berat.

Lagu pop atau dangdut sepertinya bagus tuh. Tapi musik tersebut harus Anda sukai. Kalau musik tersebut tidak Anda sukai, bukannya semangat yang didapat malah ngantuk.

10. Tidur siang di waktu senggang

Cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar di kelas ataupun saat bekerja di kantor paling efektif adalah tidur siang di waktu senggang. Kalau ada waktu senggang tiga puluh menit, cobalah untuk tidur. Hal ini sangat efektif.

Ketika habis begadang, tubuh membutuhkan tidur. Memang sebenarnya tubuh membutuhkan tidur yang cukup. Namun kalau tidak bisa tidur cukup, cobalah tidur beberapa saat. Hal ini untuk mengisi ulang kembali daya organ tubuh walaupun tidak seratus persen. Misalnya ketika melakukan charger smartphone, yang awalnya baterai 5%, charger tidak sampai 100% tapi hanya 45%.

Ketika pada malam hari tiba, urusan Anda telah selesai sepenuhnya. Maka tidurlah sepuasnya. Tidur yang cukup, biarkan tubuh Anda beristirahat dan bermimpi indah.

Penutup

Memang sih ada kalanya kita terpaksa begadang. Untuk mengatasi kantuk pagi harinya. Cobalah untuk konsumsi makanan bergizi dan yang paling penting sempatkan diri tidur siang di waktu senggang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *