Home / Pengembangan Diri / 9 Kegelisahan yang Biasa Dirasakan Introvert
9 Kegelisahan yang Biasa Dirasakan Introvert

9 Kegelisahan yang Biasa Dirasakan Introvert

Introvert adalah orang yang cenderung sulit banget mengutarakan sesuatu. Padahal dia mempunyai ide brilian tapi sulit banget mengutarakannya. Hehe, sepertinya itu salah satu kegelisahan Introvert deh. Apa lagi ya kegelisahan yang biasa dirasakan Introvert?

Secara umum dulu, ada kepribadian extrovert dan ada Introvert. Extrovert adalah kepribadian yang suka sekali keramaian dan suka mengutarakan pendapat. Namun Introvert sebaliknya. Lebih suka menyendiri dan sulit banget mengutarakan pendapat.

Karena tidak suka keramaian, akhirnya menjadi penyendiri deh.

Kegelisahan yang dirasakan Introvert

Baiklah tanpa mempersingkat kata, berikut 9 Kegelisahan yang dirasakan Introvert.

1. Bingung memulai pembicaraan

Ketika berada di tempat keramaian nih ceritanya. Ceritanya di dalam kelas, hari pertama masuk sekolah. Si Introvert nih sebut saja si A. Tidak ada yang dikenal si A. Lalu terpaksalah dia memulai perkenalan. Nah, pada saat mulai perkenalan, bingung nih harus mulai darimana.

“Kenalkan nama saya A, kenalkan nama saya A, kenalkan nama saya A.”

Dalam pikiran sih sudah berulang kali kalimat tersebut diucapkan. Namun ketika berada di hadapan orang, bingung mau bicara. Rasanya mulut ini kaku memulai pembicaraan.

Alhasil, tidak ada teman deh. Jadi akhirnya menunggu orang yang akan memulai pembicaraan dengan A.

2. Terlalu memikirkan segalanya

Kenapa PDKT itu Lebih Indah daripada Menjadi Kekasih

Salah satunya sih dalam kasus si A, pada cerita di atas. Belum memulai perkenalan, tiba-tiba dalam otaknya sudah memikirkan kalau orang yang akan berbicara dengan dia, tidak suka dengannya.

Orang Introvert itu terlalu memikirkan segalanya. Kadang apa yang dia pikirkan tidak dimengerti oleh orang banyak. Misalnya dia memikirkan akan membuat pesawat luar angkasa. Orang banyak tentu tidak mengerti hal demikian, atau tidak pernah memikirkannya.

3. Sulit berformalitas

Formalitas terkadang hal yang menyebalkan bagi Introvert. Ketika pidato, banyak hal formalitas di sana yang tidak boleh dilewatkan. Si Introvert ini sudah sulit berkomunikasi sulit berformalitas lagi. Sudah deh, double kill.

Kadang tuh si Introvert tidak suka basa-basi. Kadang bicara langsung tanpa ada rem.

“Sudah ya, nggak ada makanan di rumah ini. Mendingan kamu pulang deh.”

Jrejeng, mungkin orang lain tidak akan berkata demikian kepada temannya. Tapi tidak untuk si Introvert. Dia paling malas menggunakan kode tidak jelas.

4. Ingin seseorang disampingnya tapi sulit terbuka

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Patah Hati

Ini entah kenapa terjadi begitu saja. Seseorang dengan kepribadian introvert memang suka menyendiri. Entah kenapa rasanya senang banget menyendiri. Walaupun dilihat orang lain, orang yang introvert itu sendirian, tapi menikmati kesendirian tersebut.

Namun bukan berarti tidak menginginkan seseorang di sampingnya. Seseorang yang disebut sebagai rumah, satu-satunya orang yang mendengarkan keluh kesah introvert. Ingin rasanya ada seseorang yang berdiri di samping, namun entah kenapa begitu sulit untuk mengutarakannya.

Ingin memiliki kekasih yang pengertian, yang selalu ada di sampingnya, yang mendengarkan setiap curahan hati. Namun, memulai sebuah hubungan pertemanan saja sangat sulit. Kadang tidak heran tuh, si pasangan yang memulai PDKT duluan.

5. Kadang ada sedikit rasa bersalah karena terlalu baik

Orang dengan kepribadian introvert itu adalah orang yang sangat peka dengan perasaan orang. Walaupun dia itu terlihat pemurung, namun dia memperhatikan keadaan sekitar. Dia memang orang yang peka namun sulit untuk mengutarakannya.

Dan juga sebagai pendengar yang baik. Tenang saja, mereka tidak akan bocor, tidak akan membeberkan curahan seseorang. Karena mereka sangat ahli dalam menyimpan rahasia. Mereka akan setia mendengar curahan hati seseorang.

Namun terkadang ada juga rasa bersalah. Bukan rasa bersalah kepada orang lain, namun rasa bersalah kepada diri sendiri. Karena orang lain begitu leluasa menceritakan curahan hatinya, namun dia sendiri tidak mampu mencurahkannya.

Kadang terbesit sebuah kecemburuan. Kenapa orang lain mampu mengutarakan apa yang ada di dalam hatinya, sedangkan diri sendiri begitu sulit mengutarakannya. Mengapa orang lain mampu menceritakan keluh kesahnya, sehingga diri ini sulit untuk menceritakan keluh kesah.

6. Terkadang merasa lelah bila di tempat keramaian

Ada suatu waktu yang mengharuskan berada di tempat keramaian. Misalnya wisuda. Kadang itu seseorang dengan kepribadian introvert merasa lelah di sebuah keramaian. Mereka lebih memilih menarik diri dari kerumunan, mencari tempat yang sesuai dengannya, tentu saja tempat yang bisa sendirian.

Ada gitu orang yang pergi ke tempat sepi, hanya untuk menghindari keramaian. Kalau orang banyak sih berpikir kalau dia itu menarik diri karena tidak nyaman. Iya sih tidak nyaman, terlalu banyak orang.

Terkadang pingin sih terbesit untuk kumpul di keramaian. Kadang ingin ikut di sebuah acara reuni SMA misalnya. Namun, ketika mengikuti acara reuni tersebut, rasanya lelah banget. Tiba-tiba tanpa sadar mencari tempat yang bisa membuat diri nyaman, yaitu tempat sendirian.

7. Terkadang kurang dihargai karena pendiam

“Ada yang ingin kamu sampaikan?”

“Jangan diam saja dong!”

Mungkin banyak banget perkataan yang menyuruh seorang introvert untuk bicara, namun tetap tidak bicara. Karena begitu sulit untuk mengutarakan pendapat. Bahkan ketika dimarahin pun, walau dia tidak salah, dia memilih diam.

Sering dia memiliki ide brilian, namun karena sulit mengutarakan pendapat, dia diam. Dia tidak mengutarakan ide tersebut. Dia tahu kalau sebuah keputusan seseorang akan berakibat tidak baik. Namun dia juga memilih diam karena kesulitan mengutarakan pendapat.

Hingga akhirnya banyak orang melihat dia adalah orang pendiam. Tidak memiliki pendapat diri sendiri. Dan anehnya, kebanyakan orang dengan kepribadian introvert tersebut penurut. Walaupun hatinya menjerit ingin melawan, namun mereka tidak melawan.

Jadi wajar terkadang orang yang kepribadian introvert kurang dihargai.

8. Sepi di tempat ramai

bersabar dengan memaafkan

Sedang kumpul bersama teman lama, sedang ada acara reuni nih ceritanya. Banyak banget teman lama yang berkumpul. Sudah tertawa bareng, terlihat jelas kalau si dia menikmati momen tersebut. Eh tidak tahunya dalam hatinya tetap merasakan kesepian.

Hal ini sering banget deh terjadi bagi kepribadian introvert. Terkadang tidak bisa ditebak apa yang dirasakan hatinya. Karena sudah terbiasa sendiri, tidak terbiasa di tempat ramai, sehingga hatinya pun mengatakan “kesepian”.

Selain merasa sepi di tempat ramai juga merasa tidak enak di tempat tersebut. Lalu, kebanyakan orangnya pendiam. Aduh … makin runyam nih urusan.

9. Sulit mengutarakan pendapat terkadang dimanfaatin

Ketika berada di situasi belajar kelompok atau lingkungan pekerjaan, sangat sulit untuk mengutarakan pendapat. Walaupun memiliki ide brilliant tapi sulit sekali. Alhasil lebih memilih diam dan ikut saja.

Namun tidak jarang pula ada seseorang yang memanfaatkan si introvert tersebut. Karena dia tahu kalau si introvert memiliki ide brilliant, dia menanyakan pendapat si dia secara diam-diam. Setelah mengetahui ide tersebut, orang yang memanfaatkan akan mengutarakan pendapat si introvert atas nama dia.

Alhasil, orang yang memanfaatkan tersebut dilihat sedangkan si introvert semakin tenggelam, tidak terlihat. Padahal yang punya ide tuh si introvert. Kesal? Ya, si introvert kesal tapi dia tidak dapat menunjukkan kekesalannya.

Penutup

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kekurangan si introvert ini secara umum ya … tidak suka tempat ramai, sulit bersosialisasi, sulit mengutarakan pendapat, dll. Dan terkadang itu membuat si introvert gelisah.

Demikian 9 kegelisahan yang dirasakan Introvert.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *