Home / Pengembangan Diri / Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Secara Permanen?
cara meningkatkan kecerdasan otak

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Secara Permanen?

Ketika manusia dilahirkan, maka diberi sebuah anugerah yang sangat berharga. Tanpa itu, manusia tidak bisa dikatakan manusia. Ialah otak, yang merupakan pusat dari segala apa yang dilakukan oleh organ tubuh. Otak mempengaruhi segala apa yang dilakukan manusia. Maka, kecerdasan otak amat sangat diperlukan. Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak secara permanen?

Kecerdasan otak secara singkat diibaratkan dengan IQ. Dengan IQ tinggi, maka dikatakan memiliki kecerdasan otak yang sangat tinggi. Dengan IQ tinggi, maka persoalan yang sangat rumit berhasil diselesaikan dengan mudah. Namun, IQ itu hanyalah sebatas pengetahuan secara matematis saja. Benarkan IQ merupakan gambaran mengenai kecerdasan otak?

IQ tinggi belum menjamin seseorang akan berhasil. Namun hanyalah kemauan yang keras dan pantang menyerah membuat seseorang itu berhasil. Memang, ada beberapa ilmuwan hebat memiliki IQ yang fantastis. Namun tidak sedikit pula, manusia yang IQ fantastis justru bukan apa-apa. Banyak juga kok ilmuwan kelas dunia yang memiliki IQ rendah, namun mereka tidak menyerah dengan keterbatasan tersebut hingga membuat mereka berhasil. Maka, cara meningkatkan kecerdasan otak tidak sebatas meningkatkan IQ saja. Namun ada hal yang lebih penting dari itu. Seperti EQ. Faktanya, seseorang yang sukses Kebanyakan memiliki EQ yang tinggi dibandingkan memiliki IQ tinggi.

Maka dari itu, cara meningkatkan kecerdasan otak dalam tulisan ini tidak hanya sebatas meningkatkan IQ saja. Namun lebih menekankan kepada EQ. Karena EQ lebih dominan dalam menentukan kesuksesan seseorang. Seseorang yang memiliki EQ yang tinggi, maka sudah dipastikan dia akan sukses. Namun seseorang yang memiliki IQ tinggi, belum tentu dia sukses.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Baiklah tanpa mempersingkat kata, berikut bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak secara permanen.

1. Belajar dengan sungguh-sungguh

Jika ingin pintar, makanya belajar. Itulah sebuah kalimat yang bahkan sudah bosan didengar oleh kita. Apakah tidak ada kalimat yang lain? Selalu disuruh belajar, belajar, dan belajar. Sebenarnya apa sih makna dari belajar tersebut?

Belajar sebenarnya adalah mempelajari ilmu baru, sehingga dengan bertambahnya ilmu membuat diri semakin rendah hati. Bagaikan sebuah pepatah, “Padi semakin berisi maka semakin menunduk.” Nah, itu sebenarnya yang diambil dari belajar. Maka, dengan belajar dengan sungguh-sungguh, diharapkan meningkatkan IQ, dan juga meningkatkan EQ secara signifikan.

Belajar bukan hanya membaca buku atau menghafal suatu teori rumit saja. Namun lebih kepada memahami apa makna dari ilmu tersebut. Dengan demikian, semakin sadar kalau ilmu itu luas dan alam ini luas, sehingga membuat diri menjadi rendah hati.

Belajar itu bukan hanya sekali dua kali setelah itu selesai. Belajar itu berlangsung seumur hidup. Sepanjang hidup, maka harus belajar dengan sungguh-sungguh. Belajar itu tidak harus belajar keras dengan menghafal mati-matian. Namun, belajar itu harusnya lebih santai namun dilakukan secara terus menerus.

2. Mulailah menulis

Sebenarnya bagaimana sih para ilmuwan tersebut dikenal dunia? Apakah karena kepintaran mereka? Sebenarnya kepintaran mereka hanya satu persen memegang dari kehebatan mereka. Namun mereka piawai menulis hasil penelitian mereka, sehingga dunia mengenal mereka.

Maka dari itu, mulailah menulis. Tulislah apa yang Anda pelajari selama ini. Dengan menulis, maka memori yang tersimpan akan lebih lama, dibandingkan hanya dilihat saja atau dihafal saja.

Dengan menulis, otomatis meningkatkan IQ juga. Apalagi menulis dan menyelesaikan soal latihan yang rumit. Anda pun pasti sudah merasakannya. Dengan menulis, memori Anda lebih lama dibandingkan tanpa ditulis. Dengan menulis dan berlatih menyelesaikan soal-soal, membuat Anda semakin mudah memahami dalam suatu ilmu. Namun, kemalasan kita dalam menulis ini yang menjadi masalahnya Maka dari itu, berusahalah menghilangkan rasa malas pada diri.

Untuk permulaan, mulailah menulis yang lebih sederhana. Menulis diary harian, namun dibarengi menulis ilmu pengetahuan yang baru dipelajari. Sehingga menambah keasyikan dalam menulis tersebut. Tidak ada salahnya bukan, menulis keseharian sekaligus menambahkan sedikit tulisan ilmu pengetahuan yang dipelajari dalam tulisan tersebut. Dengan demikian, ilmu pengetahuan yang baru dipelajari akan terus diingat.

3. Buatlah kesimpulan yang sederhana dan mudah dimengerti

11 Faktor Penghambat Potensi Diri

Sebenarnya poin ini erat kaitannya dengan menulis sih. Setelah mempelajari suatu ilmu, buatlah kesimpulan sendiri sesuai dengan selera Anda, tapi harus sederhana dan mudah dimengerti. Setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Dengan membuat kesimpulan yang sederhana, membuat ingatan semakin bertahan lama. Selain itu, kesimpulan juga mampu meningkatkan IQ otak secara permanen. Kesimpulan merupakan salah suatu cara untuk memahami suatu bidang ilmu (journal.uinjkt.ac.id).

Bagaimana cara membuat kesimpulan tersebut? Anda mempelajari suatu ilmu, baik itu dipelajari di sekolah ataupun melalui buku ilmu pengetahuan. Setelah itu apa selanjutnya? Buatlah catatan penting mengenai ilmu tersebut. Temukan kata kunci dari ilmu tersebut. Dengan menemukan kata kunci, maka lebih memudahkan untuk memahami suatu ilmu. Setelah tersebut, buatlah kesimpulan versi Anda. Memang beberapa buku ilmu pengetahuan telah menyertakan kesimpulan di akhir bab materi. Namun buatlah kesimpulan versi Anda sendiri.

4. Istirahat cukup

Sekadar info saja, untuk menakut-nakuti Anda yang tidak memiliki istirahat cukup. Ada sebuah percobaan yang dilakukan di Amerika Serikat. Mereka mengelompokkan beberapa orang berdasarkan dua kelompok. Satu kelompok adalah mereka yang tidak memiliki istirahat yang cukup sedangkan kelompok satunya memiliki istirahat yang cukup. Dan hasil yang didapat bagaimana? Kelompok yang tidak memiliki istirahat cukup, memiliki penurunan memory, ingatan, dan IQ. Penurunan tersebut memang berbeda-beda tiap orang. Ada yang mengalami penurunan secara signifikan, ada juga mengalami penurunan yang tidak signifikan. Namun, penurunannya sangat besar. Kelompok orang yang memiliki istirahat cukup, mengalami penaikan memory, ingatan, dan IQ. Walaupun penaikan tersebut tidak signifikan (American Geriatrics Society).

Maka dari itu, dengan begitu besarnya efek yang dihasilkan jika tidak istirahat yang cukup. Mulailah mencoba untuk istirahat yang cukup. Hal ini juga demi kebaikan Anda sendiri. Jika tidak memiliki istirahat yang cukup, maka akan berdampak pada kesehatan juga. Berbagai penyakit akan bermunculan. Selain itu, istirahat tidak cukup juga mampu meningkatkan stress pada diri sendiri. Maka, salah satu cara untuk menghilangkan stress tersebut adalah dengan istirahat cukup.

5. Berolahraga yang cukup

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak dengan berolahraga? Olahraga akan memberikan dampak kesehatan yang berarti. Anda pastinya familiar dengan pepatah ini, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” dengan tubuh yang sehat, akan meningkatkan suplai nutrisi ke otak. Dengan terpenuhi nutrisi tersebut, maka akan meningkatkan kecerdasan otak. Oh ya, nutrisi makanan juga sangat berpengaruh di sini.

Sejatinya, olahraga akan meningkatkan kinerja otak berkali-kali lipat. Karena harus menyeimbangkan organ tubuh yang kerjanya semakin cepat. Begitu juga dengan belajar, belajar juga membuat otak bekerja semakin cepat, untuk memroses informasi. Dengan otak sudah terbiasa bekerja keras pada saat olahraga, maka otak tidak ada masalah jika harus bekerja keras ketika belajar.

Dengan demikian, tentu segala informasi yang berhasil diproses otak akan tersimpan dengan baik, karena bekerja secara maksimal. Bayangkan saja deh, otak tidak maksimal memproses informasi yang didapat, tentu performa otak akan terasa turun. Seperti komputer, jika memiliki processor yang buruk, performanya akan buruk, namun jika memiliki processor yang baik, maka performanya akan baik. Namun, jika kemampuan processor komputer sangat rendah, bisa dibilang processor lawas, namun pengguna tahu bagaimana cara merawat komputer tersebut, maka barang tentu performanya sangat baik. Maka dari itu, salah satu untuk merawat otak dengan cara berolahraga.

Jangan malas berolahraga, karena itu juga meningkatkan performa otak juga. Komputer jika memiliki processor tercanggih sekalipun, tapi kalau tidak dirawat, tentu peformanya sangat buruk.

6. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Atur Pola Makan

Nah, cara meningkatkan kecerdasan otak selanjutnya dengan memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Dengan bahasa sederhananya, mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Sangat banyak makanan yang memiliki nutrisi yang baik. Baik itu dari buah-buahan, sayur-sayuran, susu, ikan, biji-bijian, dll. Seluruh makanan tersebut memiliki nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga kesehatan.

Jangan terlalu sering mengkonsumsi fast food, snack, atau makanan yang mengandung penyedap. Hal tersebut tidak bagus untuk kesehatan dan juga kecerdasan otak.

Otak membutuhkan nutrisi yang cukup. Jika nutrisi otak tidak terpenuhi, tentu dia tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Akibatnya apa? Tentu performa otak semakin menurun dan dampaknya, memory, ingatan, bahkan IQ akan menurun.

Penutup

Sejatinya, cara meningkatkan kecerdasan otak dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan dan juga kecerdasan otak. Memang, tantangan untuk menerapkan gaya hidup sehat di zaman modern ini sangat susah. Namun, jika tidak menerapkan gaya hidup sehat akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Maka dari itu, mau tidak mau harus menerapkan gaya hidup sehat. Untuk kesehatan tubuh dan juga kecerdasan otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *