Home / Pengembangan Diri / 5 Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Tanpa Mengkonsumsi Kopi

5 Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Tanpa Mengkonsumsi Kopi

Sering mengantuk di pagi hari tentu hal ini menjadi masalah serius. Apalagi kalau harus pergi kerja atau sekolah di pagi hari, pasti bakal kerepotan deh. Dan biasanya, minuman penghilang rasa ngantuk yang sering dikonsumsi adalah kopi. Memang ampuh banget, namun kopi juga kadang memberikan efek samping, terutama pada masalah ginjal. Jadi, bagaimana cara mengatasi ngantuk di pagi hari tanpa mengkonsumsi kopi?

Sebenarnya sih ada, bahkan banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menggerakkan olahraga. Tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan di pagi hari. Selain untuk menghilangkan kantuk, juga mampu membuat badan menjadi lebih segar.

Kantuk di pagi hari bagi sebagian orang memang tidak masalah serius, karena mereka tidak merasa terganggu akan hal itu. Namun bagi sebagian orang lain, hal ini menjadi serius. Mungkin karena beberapa faktor yang menyebabkan dia menjadi mudah ngantuk. Misalnya, di pagi hari dia harus mengikuti rapat penting, dan tentu saja di pagi hari itu tidak boleh ngantuk. Atau mengerjakan dokumen penting di pagi hari, atau … ada ujian di pagi hari.

Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Baiklah tanpa mempersingkat kata, berikut 5 cara mengatasi ngantuk di pagi hari tanpa mengkonsumsi kopi.

1. Jangan lupa sarapan

Atur Pola Makan

Salah satu alasan kenapa pagi hari ngantuk itu karena tidak ada gizi yang masuk ke dalam tubuh. Hmm … apa hubungannya dengan gizi dengan ngantuk di pagi hari? Apakah ada hubungan? Tentu saja. Charles Spenze menjelaskan bahwa gizi yang masuk di dalam tubuh yang nantinya akan diolah, mampu menghilangkan rasa kantuk pagi hari. Rasa kantuk di pagi hari disebabkan oleh otak yang terlalu lelah bekerja. Dan dengan adanya gizi seimbang, membuat otak terpenuhi nutrisinya, tentu saja menjadi semangat bekerja.

Memang, sebagian orang melakukan sarapan merupakan hal yang merepotkan. Bangun pagi-pagi sekali, menyalakan kompor dan memasak. Terus sarapan dengan tenang. Banyak yang tidak sanggup untuk melakukan hal tersebut. Padahal itu sangat baik. Dan sebagian lagi memilih untuk mengkonsumsi sarapan instan, seperti minuman penghilang rasa lapar. Hmm … tidak masalah sih, namun tidak menjadi sarapan yang bergizi seimbang.

Jika ingin menghilangkan rasa kantuk, sebaiknya sarapan bergizi seimbang. Hal ini untuk memastikan nutrisi yang cukup untuk otak. Dengan demikian, otak semakin bersemangat bekerja.

2. Tidur yang cukup

Sudah bukan rahasia lagi, bagi yang insomnia tentu saja memiliki rasa ngantuk yang berat di pagi hari. Sebisa mungkin, sebaiknya atasi gejala insomnia tersebut, karena insomnia tidak baik untuk kesehatan Anda.

Cara mengatasi ngantuk yang berlebihan di pagi hari ya dengan tidur cukup di malam hari. Manusia mempunyai waktu tidur yang cukup. Ada waktunya manusia tidur untuk melakukan charge, agar di pagi hari menjadi segar bugar.

Insomnia merupakan masalah yang serius bagi orang dewasa dengan orang tua. Karena mampu mengurangi kecerdasan kognitif. Maka, salah satu cara mengatasi insomnia itu dengan membiasakan tidur yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup sekitar 5 jam di malam hari, mampu mengurangi gejala insomnia. Melihat pasien yang mampu tidur 5 jam di malam hari, mampu mengurangi gejala insomnia. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari tidur 5 ham di malam hari adalah: di pagi hari tidak terasa ngantuk, dan perlahan kecerdasan kognitif semakin meningkat (Fiorentini, L, dan Martin, J).

3. Olahraga ringan di pagi hari

cedera olahraga

Ada yang pernah merasakan hal ini tidak? Awalnya sih ngantuk berat, namun ketika berolahraga, setelah tubuh berkeringat deras, rasanya tidak bisa lagi ngantuk. Mata terasa melek terus.

Jadi, olahraga ringan di pagi hari bisa disebut obat penahan rasa kantuk secara alami tanpa efek samping. Yang ada malah memberikan dampak positif yang luar biasa bagi tubuh. Biar lemak yang ada di dalam tubuh semuanya keluar. Jangan diendapkan lemak tersebut, tidak baik untuk kesehatan.

Olahraga mampu memberikan tidur yang lebih baik. Memberikan kesegaran bagi tubuh, ketika bangun tidur, seolah tubuh baru saja di charge. Dengan demikian, dapat dimulai dengan pagi hari yang berkualitas. Selain itu, mampu meningkatkan kognitif dan mengurangi stress (Baron, Kg, dll).

Cukup dengan melakukan olahraga maksimal tiga puluh menit. Tidak perlu mengangkat barbel yang berat, atau berlari beberapa kilometer, atau melakukan push up. Olahraga berat tidak terlalu perlu, karena dengan olahraga ringan saja, mampu membuat tubuh Anda segar. Kecuali kalau Anda memang fokus terjun ke dunia atlet.

5. Konsumsi cemilan sehat

Apa sih cemilan sehat itu? Ituloh makanan ringan, namun dimasak di rumah tanpa adanya bahan pengawet, pewarna, apalagi perasa. Pokoknya alami banget deh. Tentu saja ini sangat membantu agar tidak mengantuk di pagi hari.

Ini juga sangat membantu untuk cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar di kelas dan cara meningkatkan konsentrasi belajar. Karena cemilan sehat, yang sudah memiliki gizi yang cukup untuk memulai hari, akan memberikan nutrisi bagi tubuh untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Nah, ada beberapa resep cemilan sehat yang disajikan di bawah ini, semoga bisa membantu.

Roti dengan gulungan sayur keju
6 buah roti tawar lalu pipihkan
6 lembaran keju
sekitar 3 sdm mayones
sekitar 1 sdm saus tomat
sekitar 25 gram brokoli, rebus, lalu cincang
sekitar 25 gram wortel, rebus, lalu cincang dadu

Cara Pembuatan:
1. Campur terlebih dahulu mayones dengan wortel, brokoli, dan saus. Aduk hingga rata, lalu sisihkan.
2. Oles roti tawar dengan mayones lalu letakkan satu lembar keju di atasnya.
3. Gulung roti tersebut dan padatkan, lalu letakkan di atas roti berikutnya, gulung lagi. Padatkan lagi dengan membungkusnya aluminium foil. Puntir dua ujung aluminium foil.
4. Kerjakan dengan cara di atas sisanya. Biarkan kurang lebih satu jam.
6. Buka bungkus aluminium foil lalu iris masing-masing menjadi empat bagian.

Pancake kentang
4 butir telur ayam, telur ayam tersebut pisahkan antara putih dan kuningnya.
sekitar 100 mL susu air
sekitar 100 gram tepung kentang (bisa juga menggunakan mashed potato yang siap saji)
sekitar 100 gram gula pasir
sekitar 100 mL krim kental
sekitar 100 gram mentega
sekitar 3 sdm rum
sekitar 1 sdt gram
sekitar setengah sdt ekstrak vanilla
sekitar setengah sdt baking powder

Tambahan
sekitar 100 gram kismis
sekitar 150 gram daging buang kelapa muda suwir
sekitar 12 scoop es krim vanilla
sekitar 12 sdm saus karamel siap pakai

Cara pembuatan
1. Kocok putih telur terlebih dahulu lalu sisihkan.
2. Kocong kuning telur dan semua sisa bahan pancake dengan menggunakan mixer hingga tercampur.
3. Panaskan wajan, olesi dengan minyak.
4. Tuangkan satu sendok sayur adonan pancake ke wajan. Beri taburan kismis dan daging kelapa. Masak hingga matang di kedua sisinya (kurang lebih selama 5 menit). Angkat dan ulangi langkah yang sama untuk bahan sisa.
5. Jika perlu, sajikan bersama es krim vanilla dan saus karamel.

Lihat, tidak kalah lezat bukan dengan cemilan di luar sana? Sudah sehat, bergizi seimbang, menyehatkan lagi. Ayo, jangan malas konsumsi cemilan sehat.

5. Gerakkan tubuh Anda

olahraga

Nah, jika Anda pegawai kantoran atau pelajar yang hanya berdiam diri di tempat. Pegawai kantoran asyik satu harian di meja kantornya, para pelajar asyik satu harian di bangkunya. Hal ini tidak baik, membuat tubuh cepat lelah. Nanti, kalau tubuh terlalu lelah, tidak bisa menahan ngantuk di pagi hari.

Salah satu cara menghilangkan ngantuk berat di pagi hari, cobalah untuk bergerak. Olahraga ringan tidak mungkin dilakukan setiap hari, ada sih orang yang bisa melakukannya. Namun, bagi Anda yang tidak mampu melakukannya, lakukanlah gerakan ringan. Misalnya setiap satu jam, berjalan-jalan sebentar. Atau kalau mau pergi ke kantor, kalau jarak Anda ke kantor/sekolah sekitar 500 meter, cobalah untuk berjalan kaki/sekolah. Atau coba dulu deh tidak menggunakan lift, gunakan tangga, kalau masih di lantai tiga.

Jangan tidak bergerak sama sekali, karena itu tidak baik bagi tubuh Anda.

Penutup

Meminum kopi memang salah satu cara mengatasi ngantuk di pagi. Namun, bukan hanya kopi saja, ada beberapa cara untuk mengatas ngantuk di pagi hari. Olahraga rutin satu minggu sekali sangat efektif untuk membuat tubuh Anda segar. Oh ya, jangan lupa konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *