Home / Motivasi Diri / 10 Cara Hidup Sederhana dan Bahagia agar Hidup Lebih baik
cara hidup sederhana

10 Cara Hidup Sederhana dan Bahagia agar Hidup Lebih baik

Sejatinya, keinginan untuk memuaskan kehidupan dunia ini tidak ada habisnya. Jika ingin benda yang berharga, misalnya emas, awalnya sangat ingin. Rasanya setelah memiliki emas, maka keinginan dunia akan berhenti. Namun setelah membeli emas, keinginan tersebut tidak pernah berhenti. Maka dari itu, perlu untuk hidup sederhana. Hidup yang damai, tidak begitu terpengaruh dengan godaan dunia. Cara hidup sederhana agar hidup lebih baik.

Hidup sederhana bukanlah kewajiban, tapi pilihan. Apakah Anda ingin hidup sederhana atau tidak. Karena bukan hanya kelebihan saja yang didapat dari hidup sederhana. Namun penuh banyak kekurangan dari hidup sederhana.

Salah satu kekurangan dari hidup sederhana, jauh dari yang namanya gengsi. Bagi sebagian orang, gengsi adalah nomor satu. Dengan gengsi, mereka mampu menaikkan status sosialnya. Namun, gengsi tersebut tidak pernah habis. Ada saja yang membuat sesuatu gengsi itu layak diperjuangkan. Dan hidup sederhana menjauhi hal tersebut.

Cara Hidup Sederhana

Hidup sederhana tentunya membuat hidup lebih baik, karena jauh dari godaan dunia. Tanpa mempersingkat kata, berikut 10 cara hidup sederhana agar hidup lebih baik.

1. Menjadi diri sendiri apa adanya

Cara hidup sederhana yang pertama adalah menjadi diri sendiri apa adanya. Tidak ada yang namanya pura-pura. Menunjukkan segala apa yang dimiliki oleh diri sendiri. Topeng itu tidak berguna. Tidak ada topeng, tidak ada kepura-puraan, hidup seperti apa yang diinginkan oleh diri sendiri.

Memang menjadi diri sendiri itu tidak mudah. Apalagi lingkungan yang ditempati itu sangat berbeda dengan diri sendiri. Misal, lingkungan tersebut pencinta barang-barang mewah, sedangkan diri sendiri lebih suka dengan barang-barang murah. Alhasil, sangat sulit untuk menjadi diri sendiri. Jika menunjukkan diri yang penyuka barang murah, kemungkinan akan dikucilkan. Maka mau tidak mau, dimulailah topeng.

Ada orang yang bilang, “Berteman dengan orang baik akan menjadi orang baik, berteman dengan orang buruk akan menjadi orang buruk,” dan sepertinya pepatah tersebut benar apa adanya.

Memilih teman yang sesuai dengan jati diri sendiri memang keharusan. Dengan demikian, menjadi diri sendiri tidak begitu sulit. Bebas menunjukkan jati diri tanpa khawatir akan pendapat teman sendiri.

Dan juga, sebenarnya manusia itu tidak suka dengan barang mewah. Biasanya manusia condong ke harga murah. Contohnya, betapa banyak manusia pencinta diskon besar-besaran. Namun, karena lingkungan dapat mengubah mereka menjadi pencinta barang mahal.

2. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Cara hidup sederhana dengan bersyukur itu penting banget. Karena ada orang hidup sederhana karena keterpaksaan. Hal tersebut sangat tidak baik. Dan juga terlihat ciri-ciri orang hidup sederhana dan terlihat bahagia, adalah dengan bersyukur.

Salah satu pola hidup tidak sederhana adalah selalu melihat ke atas, bukan untuk memotivasi namun membuat dirinya menganggap kalau dia masih kurang, sehingga tidak menumbuhkan rasa syukur. Dan pada akhirnya, dia berusaha untuk menjadi orang yang terlihat di atas. Yang terjadi bukanlah hidup sederhana, namun kehidupan yang mewah namun dipaksakan.

Boleh melihat ke atas, namun hal tersebut untuk memotivasi, namun dilihat hanya sebentar saja. Lihatlah ke bawah agar menumbuhkan rasa syukur. Masih banyak orang yang berada di bawah.

Bersyukur atas apa yang dimiliki membuat kita tidak memaksakan kehendak, untuk memiliki apa yang belum dimiliki. Misal, Anda mempunyai smartphone. Walaupun harganya hanyalah kelas low-end, di bawah satu jutaan. Namun, jika smartphone tersebut Anda syukuri dan fungsinya Anda maksimalkan, maka akan sulit tergoda untuk membeli smartphone high-end yang harganya bisa mencapai belasan juta.

Namun jika tidak bersyukur, tentu saja Anda tergoda untuk membeli smartphone high-end. Padahal fungsi smartphone yang Anda gunakan sama aja dengan smartphone low-end. Anda hanya membeli gengsi, bukan fungsi.

3. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

cara hidup bahagia

Godaan dunia ini akan selalu ada dan tidak akan pernah habis. Tahun ini tergoda dengan smartphone dengan spesifikasi yang wah. Namun, hanya berselang satu tahun saja, smartphone yang sudah dibeli dengan spesifikasi wah justru terlihat biasa saja. Tahun ini tergoda dengan emas berian, karena dengan benda tersebut, mengangkat derajat dan martabat. Namun, hanya selang beberapa bulan saja, benda-benda tersebut hanya sekadar batu biasa.

Karena dari itu, lebih baik prioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Karena keinginan manusia itu tidak pernah puas. Ada saja yang ingin dibeli dan dibeli. Jika keinginan tersebut terus diikuti, maka tidak ada yang namanya kesenangan dunia. Yang ada justru manusia yang berperilaku seperti robot yang diperbudak oleh keinginan.

Ingat! Anda membeli fungsi bukan gengsi. Jika Anda butuh tempat duduk untuk rumah Anda, pilihlah dengan harga yang masuk akal dan tentu saja fungsi yang sesuai. Jangan tergiur akan keinginan lain yang akan mengangkat gengsi.

Prioritaskan kebutuhan, agar hidup lebih baik.

4. Pendapatan harus lebih besar daripada pengeluaran

Dengan pendapatan lebih besar daripada pengeluaran bisa dikategorikan cara hidup sederhana tapi kaya. Biarkan, benda-benda pengisi gengsi itu sedikit. Bahkan terlihat Anda seperti manusia yang sama dengan lainnya. Tidak ada benda gengsi yang melekat. Namun, pendapatan Anda berkali-kali lipat. Hal tersebut justru menambah derajat dan martabat Anda.

Hidup sederhana dengan menekankan pengeluaran. Karena sejatinya, pengeluaran yang tidak perlu sangat dihindari. Keinginan manusia tidak ada batasnya. Bakal terus bermunculan keinginan yang akan menghabiskan pendapatan.

Ada gitu orang, harus memenuhi gengsinya akan dunia. Sehingga pendapatannya lebih kecil daripada pengeluaran. Apa yang diperbuat untuk menutupi hal tersebut. Maka dari berutang ke mana-mana. Dia selalu dicari para penagih hutang. Gengsi memang didapat, banyak orang yang iri dengannya, namun hidup dia tidak tenang karena hutang yang sangat banyak.

Dan juga, orang yang pengeluarannya lebih banyak daripada pendapatan, jika sesuatu terjadi hal yang tiba-tiba. Misalnya dia sakit, dan dia tidak mempunyai tabungan yang cukup karena pendapatannya sudah habis. Maka akan berdampak buruk kepada dirinya yang tidak mempersiapkan dana lain-lain.

5. Membelanjakan uang secukupnya

Berbelanja memang kegiatan yang cukup mengasyikkan. Berbelanja juga mampu menurunkan tingkat stress seseorang (www.huffingtonpost.com). Apalagi ditambah dengan angka diskon yang cukup menggoda. Godaan akan berbelanja akan sangat besar.

Namun, cara hidup sederhana agar hidup lebih baik sebaiknya membelanjakan uang secukupnya. Belanjakanlah apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan. Perioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada pendapatan.

Dengan membelanjakan uang secukupnya, maka Anda berkesempatan besar untuk menabung uang Anda. hal tersebut justru berguna ketimbang membelanjakan uang tersebut. Karena dengan menabung uang Anda, Anda mempersiapkan masa depan Anda.

6. Menghindari membelanjakan barang mewah

Barang mewah memang menggoda. Melihat barang dengan brand terbaik, tentu saja dengan harganya yang sangat tinggi, membuat mata ini ingin membeli barang tersebut. Padahal, belum tentu barang itu merupakan kebutuhan, namun keinginan untuk memuaskan gengsi. Setelah membeli barang tersebut, selanjutnya apa? Memakai barang tersebut dan memamerkannya kepada orang-orang? Membuat mereka iri? Namun, tidak bulan setelah Anda membeli barang tersebut, dengan Anda memamerkannya kepada orang-orang, apakah orang tersebut akan iri? Tidak, mereka justru melihat barang mewah tersebut sama dengan barang yang biasa dibeli di toko.

Sebaiknya hindari membeli barang mewah, karena tidak ada gunanya untuk membeli barang tersebut. Ada sih gunanya, tapi sangat sedikit. Hanya sebatas untuk gengsi semata. Untuk kebutuhan, belum tentu barang tersebut merupakan kebutuhan.

Barang-barang mewah memang menyilaukan. Karena kegunaan dari barang mewah tersebut untuk memuaskan keinginan manusia yang tidak ada habisnya. Bukan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

7. Memiliki tabungan dan investasi

Cara hidup sederhana itu dengan menekan pengeluaran. Membelanjakan barang seperlunya. Mempersiapkan tabungan dan investasi. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan masa depan.

Masa depan tidak ada yang tahu. Kita hanya terlalu fokus apa yang dilakukan pada saat ini. Namun, masa depan justru harus dipersiapkan. Karena masa depan tidak ada yang tahu, maka kita mempersiapkan masa depan tersebut. Karena belum tentu, masa depan merupakan hal yang baik.

Dengan adanya tabungan dan investasi, berarti telah mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jika sesuatu hal buruk tersebut, tidak begitu khawatir. Dan jika hal baik terjadi, tentu saja masa depan menjadi lebih baik.

Tabungan dan investasi fokus kepada masa depan. Masa kini untuk fokus ada yang didapat, dan menabung dan investasi fokus untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik dari segi finansial.

8. Disiplin dalam menabung

Ini juga sangat penting. Tidak penting menabung dalam jumlah yang sangat banyak. Disiplin saja dalam menabung. Misal bulan ini satu juta, bulan depan satu juta, dan tiga bulannya lagi satu juta. Maka secara tidak sadar, uang tabungan telah banyak.

Banyak orang yang berusaha menabung, namun mereka tidak disiplin dalam menabung. Mereka hanya rajin menabung di awal, namun di akhir, mereka malas. Hal tersebut karena mereka telah tergoda akan keinginan duniawi yang bagaikan emas namun sejatinya itu bukan emas.

Disiplin menabung memang membutuhkan usaha keras. Namun hal tersebut justru akan membantu Anda di masa depan. Memang sih, yang namanya disiplin itu susah banget. Disiplin saja di waktu sekolah itu susah banget. Ada saja tantangan untuk disiplin. Karena disiplin adalah sesuatu yang baik. Tentu ada tantangan tersendiri, karena sesuatu yang baik akan menghasilkan hal yang baik, bagi mereka yang telah berhasil melewati setiap tantangan.

9. Jangan sepele melihat uang receh

cara menghadapi orang egois

Salah satu ciri-ciri orang hidup sederhana dengan tidak begitu menyepelekan uang receh. Hal tersebut karena mereka tahu, uang receh tersebut sangat berharga. Namun, bagi orang yang hidupnya tidak sederhana, tentu saja melihat uang receh itu sepele, karena jumlahnya yang tidak banyak. Padahal, jika uang receh itu ditabung, lama-kelamaan jumlahnya sangat banyak.

Cara hidup sederhana dan hemat dengan tidak membuang uang receh. Terus menabung uang tersebut. Tanpa sadar, uang itu akan menjadi sangat berharga. Jumlahnya yang sangat banyak mampu membeli barang-barang mewah.

Jika ada uang receh, jangan dibuang, tabung. Jika ada toko yang tidak menerima uang receh dalam transaksinya, tidak apa-apa. Bank selalu menerima uang receh. Bahkan, mereka tidak keberatan menerima uang receh tersebut untuk ditabung.

10. Rendah hati dan rajin memberi ke orang yang membutuhkan

Selalu rendah hati, tidak sombong. Karena tidak ada yang disombongkan dalam hidup ini. Apa sih yang patut disombongkan? Tidak ada. Barang mewah? Lama kelamaan barang tersebut hanya barang biasa saja. Harta yang melimpah? Lama kelamaan harta tersebut bakal habis juga.

Dan juga, rajin memberi ke orang yang membutuhkan. Karena sebagian harta Anda, ada hak orang yang membutuhkan. Berilah sedikit pertolongan bagi mereka. Tidak ada salahnya. Harta tersebut tidak akan habis.

Dengan demikian, hidup menjadi lebih baik. Tenang dalam urusan dunia, dan tenang dalam urusan hati. Apalagi dalam urusan hati ini. Kebahagiaan yang dirasakan hati tidak terbeli oleh apapun di dunia ini. Banyak orang yang memiliki harta yang banyak, namun hati mereka sengsara.

Hidup lebih baik jika hidup sederhana, rendah hati, dan rajin memberi sebagian harta ke orang yang membutuhkan. Karena hal tersebut, akan membuat kita menjadi orang yang banyak harta sehingga tidak memiliki kekhawatiran mengenai dunia. Dan juga orang yang memiliki hati yang tenang.

Penutup

Cara hidup sederhana memang tidak mudah. Karena banyak sekali godaan agar hidup untuk memenuhi keinginan. Hidup sederhana itu adalah sesuatu yang baik. Dan sesuatu yang baik itu selalu ada tantangan. Namun, bagi orang yang berhasil melewati setiap tantangan, maka hadiah dari sesuatu yang baik tersebut sangat nikmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *