Home / Motivasi Cinta / Apa yang Harus Dilakukan Ketika Patah Hati?
Apa yang Harus Dilakukan Ketika Patah Hati

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Patah Hati?

Patah hati memang sakit sekali rasanya, rasanya dunia ini sudah berakhir. Memang ini bukan yang dilebih-lebihkan. Ketika patah hati, maka rasanya seluruh dunia runtuh. Kenapa? Karena kepercayaan. Betapa Anda begitu mempercayai dia yang nantinya akan menemani Anda seumur hidup nantinya namun kenyataan tidak demikian.

Ada memang yang berakhir dengan baik-baik. Berakhir dengan berbicara baik-baik walaupun hati sakit namun tetap tersenyum. Satu sama lain saling mengerti mengapa harus berpisah.

Namun yang paling menyakitkan adalah pengkhianatan. Yang mana dia yang begitu dipercayai, dia akan menjadi seorang yang menemani seumur hidup, tapi nyatanya tidak demikian. Dia mengkhianati kepercayaan itu dengan satu sikap, dan itu sangat sakit sekali.

Patah hati itu mungkin bisa dianggap wajar. Semua orang yang jatuh cinta pasti memiliki risiko patah hati. Inilah risiko yang ada ketika jatuh cinta. Hukum dunia, selalu ada keuntungan dan selalu ada risiko. Dibalik keuntungan yang diraih pasti ada risiko yang harus ditanggung.

Yang Harus Dilakukan Ketika Patah Hati

Jadi, apa yang harus dilakukan ketika patah hati?

1. Menangislah sepuasnya

Ketika patah hati, maka rasanya dunia sudah berakhir. Ingin rasanya untuk menangis sekeras mungkin. Saran terbaik, jangan tahan air mata itu. Tumpahkan air mata itu hingga air mata tidak keluar lagi.

Jangan menahan air mata itu karena itu akan memperparah kondisi Anda. Ketika Anda menangis, lambat laun Anda akan menjadi tenang. Rasanya air mata itu adalah kesedihan yang berguguran.

Namun sebaiknya jangan langsung menangis di tempat, karena hal ini tidak baik. Ketika di dalam kamar, menangislah sepuasnya. Menangislah sampai Anda merasa air mata tidak keluar lagi.

2. Mungkin curhat jalan terbaik

Berbagi perasaan kepada orang terdekat memang hal yang baik. Banyak keuntungan dari berbicara sesuatu kepada orang terdekat. Karena mereka akan mendengar dan tidak jarang memberi nasihat super duper wah.

Orang terdekat inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk bangkit. Melupakan dia yang pernah mengisi hati dan membuka lembaran baru. Mencari si dia di luar sana yang nantinya akan berjodoh.

Oh ya, orang terdekat Anda akan tetap menjaga rahasia Anda. Kalau orang yang tidak bisa menjaga rahasia, berarti dia bukan orang terdekat melainkan musuh di dalam selimut.

3. Ehm, bisa tuh makan banyak

Orang stress mungkin nafsu makannya meningkat, begitu juga dengan orang patah hati. Ada tuh ketika patah hati, tiba-tiba nafsu makannya tinggi banget. Dan anehnya dia semakin kurus, bukan semakin gemuk.

Jadi, kalau ada keinginan untuk makan banyak jangan ditahan. Tenang saja, tidak bikin gemuk kok. Energi Anda telah terkuras ketika Anda menangis sejadinya. Menangis itu amat sangat lelah loh.

Bisa jadi nih untuk mengobati patah hati dengan makan banyak. Namun tetap harus diperhatikan dengan gizi yang masuk. Iya deh, Anda yang patah hati tidak akan menyadari hal tersebut. Inilah kegunaan dari orang terdekat Anda.

4. Jangan anggap dia akan berubah

Inilah kesalahan terbesar kita ketika patah hati. Tiba-tiba pikiran berpikir kalau dia akan berubah. Dia akan menjadi orang yang mencintai Anda sepenuh hati. Suatu hari nanti dia akan datang dengan permintaan maaf yang tulus.

Pikiran inilah yang membuat kita sulit untuk move on. Karena pikiran kita terpikir dia akan kembali. Padahal kenyataan tidak demikian. Si dia pergi dengan orang lain yang lebih baik daripada kita.

Dan jangan terjebak dengan masa lalu. Ketika pergi ke tempat dimana Anda dan si mantan selalu berdua, tiba-tiba Anda teringat dengan keindahan masa itu. Anda menjadi bertekad untuk terus menyimpan kenangan itu. Dan suatu hari nanti dia akan kembali mengembalikan keindahan itu. Inilah yang dinamakan jebakan masa lalu, sangat sulit untuk keluar padahal jalan keluarnya sangat jelas terlihat.

Jangan menghindari tempat yang membuat Anda terkenang dengan dia. Jalani saja, mungkin di hari pertama rasanya begitu menyakitkan. Namun lama kelamaan Anda tidak akan merasakan sakit, bahkan Anda merasa terbiasa. Sehingga tidak ada lagi rasa spesial dengan tempat tersebut.

Move on berarti tidak terjebak di masa lalu. Memulai kembali kehidupan baru yang lebih baik. Yang nantinya akan bertemu dengan orang yang tepat. Dia sangat mencintai Anda dan berusaha membuat Anda tersenyum. Bukan berusaha membuat Anda menangis.

5. Semuanya butuh proses

pria yang baik

Tidak selamanya Anda patah hati, pasti ada dimana Anda telah melupakan rasa patah hati tersebut. Bukan lagi melupakan, bahkan menganggap masa itu hanyalah masa lalu yang tidak ada artinya. Sehingga ketika si dia datang menemui Anda dengan tangis buaya, Anda tidak terjebak dengan kesalahan yang sama.

Move on tidak langsung satu hari telah terjadi namun terkadang butuh bertahun-tahun. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan terus berusaha untuk melupakan si dia yang telah menyakiti.

Jangan sampai terjebak di masa lalu, karena ketika terjebak di masa lalu akan sulit sekali keluar dari jebakan tersebut. Bagi orang sih jebakan itu sangat mudah untuk melewatinya. Namun bagi kita yang patah hati dan sudah terjebak masa lalu, sangat sulit untuk keluar dari jebakan itu.

Siapa sih yang ingin patah hati? Yang ingin jatuh cinta sih banyak. Namun ketika kita jatuh cinta, maka secara tidak langsung kita harus siap dengan segala risikonya. Kita akan patah hati, mungkin di suatu hari.

Apa sih sebenarnya maksud dari patah hati tersebut? Jawabannya amat simple. Berarti hal tersebut menunjukkan kalau dia bukanlah yang terbaik bagi Anda. Ada orang yang lebih baik lagi daripada dia. Yang tentunya lebih menyayangi Anda lebih dari siapapun.

Ada orang yang katanya berusaha untuk move on namun tidak terlihat usahanya. Dia bahkan diam-diam melihat photo mantan, atau memimpikan kalau dia akan meminta maaf dan memulai kisah cinta yang baru. Sesungguhnya itu sangat mustahil. Dia akan lebih memilih orang lain daripada diri Anda. Jadi jangan sia-siakan diri Anda untuk selalu memaafkan dan selalu bermimpi.

Penutup

Kalau patah hati apa yang harus dilakukan? Cara termudah melakukan hal tersebut dengan menangis. Walaupun Anda laki-laki, jangan tahan air mata tersebut. Keluarkan air mata tersebut, walaupun harus berada di tempat yang sepi.

Ketika menangis sepuasnya, rasanya Anda berusaha untuk melunturkan segala keseihan yang ada di dalam hati Anda. Air mata itu seperti pelampiasan bagi Anda karena hati yang sakit.

Banyak dari kita yang terjebak di masa lalu. Mungkin sahabat Anda sedang terjebak di masa lalu. Terusahlah berushaa untuk move on. Bagi Anda yang sebagai pelaku “terjebak di masa lalu”, jangan biarkan hal tersebut semakin bertambah. Teruslah untuk move on. Walaupun sulit namun harus berusaha.

Kalau tidak berusaha untuk move on. Selalu bermimpi dia akan datang kembali. Wah … kalau ini mah sangat sulit sekali disadarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *