Cara Hidup Bahagia dengan 9 Langkah Sederhana

cara hidup bahagia

Cara hidup bahagia itu sebenarnya sangat sederhana. Sesederhana menangis dan tertawa saat kita masih anak-anak. Namun, pikiran dan situasi yang membuat segalanya semakin rumit. Misalnya, pekerjaan yang menumpuk sehingga menyebabkan stress.

Sebenarnya apa sih hidup itu dalam filosofi? Nggak usah dibahas deh, karena filosofi sendiri pun kesusahan mencari apa sih hidup tersebt. Hidup itu adalah perjuangan yang penuh lika-liku seperti teka-teki yang harus diselesaikan satu per satu. Dan juga, pasti nantinya kita semua meninggal dan akan berada di alam kematian. (utm.edu)

“Gimana sih cara hidup bahagia?”

Sebuah pertanyaan yang pernah saya ajukan kepada seorang bapak-bapak. Bapak tersebut sudah tua namun terlihat bahagia. Tiada hari tanpa tersenyum, padahal secara ekonomi, dia biasa-biasa saja. Namun, jeratan ekonomi tidak melunturkan kebahagiaan di hidupnya.

Tentu saja saya menjadi penasaran dan bertanya. Namun bapak itu hanya menjawab dua hal.

“Cara hidup bahagia kuncinya dua hal selain kunci-kunci lainnya. Yaitu bersyukur dan beribadah.”

Pernah terlintas dalam pikiran saya. Kata bapak itu kunci dua hal selain kunci lainnya. Berarti, cara hidup bahagia ada banyak cara. Namun, cara yang paling efektif adalah bersyukur dan beribadah.

1. Tekan Rasa Takut Berbuat

Banyak hal yang membuat kita menjadi takut. Ketakutan akan membuat diri menjadi was-was. Seperti ketika mengerjakan ujian, berbicara di depan umum, wawancara pekerjaan, bahkan ketika mengikuti pesta (mentalhealth.org.uk).

Jika dibilang jangan pernah takut, hal tersebut sangat tidak wajar. Karena takut itu adalah sifat alamiah manusia. Misalnya, bagaimana kita tidak takut ketika wawancara pekerjaan, dan itu merupakan pengalaman pertama. Maka, tidak ada istilah jangan takut.

Namun, tekan rasa takut tersebut, taklukan rasa takut tersebut. Sehingga rasa takut itu tidak menghambat kebahagiaan Anda. Ada orang, karena takutnya, kebahagiaan akhirnya direnggut. Misal, karena takut menghadapi ujian, kehidupannya menjadi cemberut, tidak ada senyuman yang muncul.

2. Buang Rasa Dendam

Dendam akan membuat Anda terus-terusan memikirkan seseorang, dan bagaimana cara untuk membalasnya. Tentu saja dengan cara yang tidak baik. Dengan menyimpan dendam, kebahagiaan akan direnggut. Karena pikiran Anda cuman satu, melampiaskan rasa dendam tersebut, setelah itu, Anda akan bahagia.

Cara hidup bahagia dengan membalaskan dendam itu keliru. Ketika sudah membalaskan dendam, apakah Anda bahagia? Tentu saja tidak, akan ada rasa bersalah. Dan tentu saja, bibit dendam akan muncul bagi kelurga korban. Misalnya, Anda balas dendam kepada seseorang yang telah memfitnah Anda. Anda memfitnahnya kembali sehingga dia jatuh. Tentu saja anaknya menyimpan dendam kepada Anda. Akhirnya, rantai dendam tersebut semakin terikat dan tidak pernah lepas.

Buanglah rasa dendam tersebut. Ketika Anda telah membuang rasa dendam tersebut, Anda akan mendapatkan kebahagiaan. Hati rasanya plong.

3. Fokuslah pada Satu Masalah

Beberapa dari kita yang berfokus pada masalah satu dengan masalah lainnya. Tentu saja, membuat beban kerja Anda akan semakin banyak. Sehingga stress yang muncul semakin parah. Hal tersebut bukanlah cara hidup bahagia, melainkan cara hidup susah.

Jangan berfokus pada banyak masalah. Fokuslah dengan satu masalah saja. Tentu saja beban stress yang diterima sedikit dan membuat kebahagiaan Anda tidak serta-merta hilang begitu saja. Dengan fokus pada satu masalah, berarti Anda menghemat tenaga Anda dan mempercepat untuk menyelesaikannya. Jika masalah Anda banyak, fokus memperbaiki satu masalah, setelah selesai, baru selesaikan masalah lainnya.

4. Jangan Tidur Sambil Membawa Masalah

Gejala Insomnia

Beban stress yang Anda terima mengakibatkan Anda membawanya saat tidur. Anda selalu bermimpi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan ketika masalah tersebut tidak selesai, Anda mendapatkan bencana atau bahaya serius. Dan seketika itu juga Anda terbangun akibat mimpi buruk.

Apakah itu cara hidup bahagia? Tentu saja tidak. Dengan tidur membawa masalah, sehingga menyebabkan mimpi buruk, mengakibatkan tidur Anda bermasalah juga. Jika tidur bermasalah, tentu saja Anda tidak bahagia.

Ketika tidur, jangan bawa masalah. Lupakanlah masalah tersebut. Jika Anda mempunyai pasangan, sebaiknya berbicara dari hati ke hati dulu kepada pasangan. Hal tersebut cukup efektif untuk melupakan masalah ketika hendak tidur.

5. Jangan Selesaikan Masalah Orang Lain Sedangkan Anda Sedang Bermasalah

Istilahnya, jangan ikut campur ketika Anda stress juga. Artinya apa? Ketika Anda bermasalah, sebaiknya Anda selesaikan masalah Anda terlebih dahulu. Jika ingin menyelesaikan masalah orang lain, jika Anda sudah tidak ada masalah, Anda akan mendapatkan solusi yang paling baik.

Tapi ingat, orang lain tersebut, hendaknya orang yang dekat dengan Anda. Entah, keluarga dekat atau sahabat Anda. Karena tentunya, ketika Anda bermasalah, mereka yang akan membantu Anda. Jika Anda menyelesaikan masalah orang lain, sedangkan orang tersebut baru Anda kenal, atau teman yang tidak cukup akrab denganmu, takutnya Anda hanya diperalat saja. Jika Anda diperalat, maka Anda akan mendapatkan stress juga.

6. Move On, Jangan Terjerat Masa Lalu

Anda dulu adalah orang sukses dengan hidup bergelimpangan harta. Suatu hari Anda melakukan kesalahan sehingga jatuh. Terus, Anda terus-terusan mengingat masa lalu yang hidup sukses tersebut? Hal tersebut bukanlah cara hidup bahagia, melainkan cara hidup terjerat masa lalu.

Segeralah move on, bergeraklah, jangan biarkan masa lalu menjerat Anda. Dengan Anda move on, maka Anda membuka salah satu pintu kebahagiaan, yaitu kebahagiaan berjuang kembali. Sebenarnya, masa lalu itu adalah pembelajaran untuk keberhasilan masa yang akan datang.

7. Menjadi Pendengar yang Baik

“Loh kok begitu? Emang itu cara hidup bahagia?”

Jika jujur, iya. Kenapa? Karena dengan menjadi pendengar baik, kita akan mendapatkan jutaan pengalaman mengenai pahitnya kehidupan seseorang. Dengan demikian, akan menumbuhkan rasa syukur dalam diri ini. Sebenarnya bukan hanya itu saja sih. Dengan menjadi pendengar baik, kita akan mendapat pembelajaran yang berharga. Belajar dari pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun orang lain merupakan pelajaran berharga. Dan pelajaran tersebut menentukan kebahagiaan Anda.

8. Bersyukur

Banyak orang yang hidup berkecukupan, seharusnya dia hidup bahagia namun tidak. Hal tersebut karena dia tidak bersyukur. Dia terus-terusan memandang ke atas, bahwa dia belum cukup, dan terus bekerja keras bak robot.

Ketika seseorang tidak bersyukur, berarti dia tidak menemukan salah satu kebahagiaan. Karena dengan mensyukuri hidup, hati akan menjadi tenteram dan senyum simpul selalu terhias di wajah.

9. Beribadah

Jika ditanya, “Bagaimana cara hidup bahagia yang paling ampuh?”

Jawabannya dengan beribadah. Dengan beribadah, maka hati akan menjadi tenteram. Dengan beribadah, segala bentuk stress akan hilang, tentu saja jika beribadah dengan khusyuk. Perhatikan para pemuka agama, mereka tidak tampak kesusahan sedikitpun, karena hatinya begitu tenteram.

Sebenarnya, penentu kebahagiaan adalah hati. Ketika hati tenteram, maka kebahagiaan akan terasa. Banyak orang yang hidup bergelimpangan harta, segala kebutuhan dia cukup, namun dia tidak bahagia. Karena hatinya tidak tenteram.

Baca juga: Agar tidak menyesal sebaiknya lakukan 8 hal berikut

Cara hidup bahagia memang memiliki banyak cara. Namun, tanpa bersyukur dan beribadah, Anda akan kesusahan untuk mendapatkan kebahagiaan.

Leave a Reply