Agar Tidak Menyesal Sebaiknya Lakukan 8 Hal Berikut

agar tidak menyesal

Saya berjalan menuju perkotaan. Saya yang anak desa tiba-tiba pergi ke kota, perasaan dag dig dug gitu loh. Tiba-tiba saya bertemu dengan seorang kakek-kakek, dia sudah tua. Iyalah namanya kakek-kakek. Dan entah kenapa kami menjadi akrab. Dan tanpa sengaja, kakek itu berkata, “Nak, agar tidak menyesal sebaiknya jangan menyia-nyiakan masa mudamu.”

Saya jelas bingung. Apa yang disia-siakan di masa muda?”

“Kek, memang apa saja sih yang disia-siakan saat masih muda?”

“Banyak sekali nak.”

“Ya banyak itu apa-apa saja kek?”

“Hahaha, dasar anak tidak sabaran, kamu mau tidak menyesal ya di masa tuamu. Baiklah akan kakek katakan.”

Agar tidak menyesal sebaiknya lakukan 8 hal berikut.

1. Ikuti Mimpi Anda

Sebaiknya ikuti mimpi Anda, eits mimpi di sini bukan mimpi tidur. Kalau itu namanya malas. Mimpi di sini adalah impian Anda yang Anda pendam begitu lama. Misal, mimpi keliling luar angkasa gitu.

Ikutilah mimpi Anda. Pastilah Anda punya mimpi yang ingin Anda idam-idamkan. Namun, karena terbentur kenyataan, sehingga Anda terpaksa mengubur mimpi Anda.

Makanya, agar tidak menyesal, segera sono ikuti mimpi. Misal, Anda bermimpi untuk pergi keliling Indonesia. Anda kan sibuk, jadi nggak sempat waktu. Atau kondisi keuangan Anda tidak mencukupi. Bolehlah untuk mengurangi mimpi tersebut, misal hanya beberapa kota terkenal saja. Setelah itu, pergilah. Pastinya, Anda akan merasa senang banget dan hati Anda puas.

2. Beranikan Mendekati Orang Yang Anda Suka

Jangan ada istilah gengsi di sini. Pasti banyak dari kita, termasuk Anda dan saya menyesal karena memendam perasaan cinta ini. Karena memendam perasaan ini, rasanya sakit malah. Dan lebih sakit lagi, melihat si dia telah berhubungan dengan orang lain. Oh … kenapa?

Maka dari itu, mulailah mendekati orang yang Anda suka agar tidak menyesal. Setidaknya, setelah Anda dekati, Anda akan tahu jawabannya. Dia suka Anda atau tidak. Walaupun dia tidak suka Anda, misal Anda mendapatkan penolakan yang kasar, rasa penyesalan Anda tidak terlalu dalam, karena Anda telah mencoba. Hiks, pengalaman pribadi.

3. Katakan Iya Setiap Undangan

Banyak sih orang yang tidak mengikuti setiap undangan, ujung-ujungnya menyesal. Ya … menyesal karena tidak mendapatkan nasi gratis, eh.

Bayangkan deh, sahabat Anda melakukan pernikahan. Anda harusnya datang dong. Tapi karena Anda sibuk banget, Anda mengatakan “tidak”. Nantinya Anda akan menyesal karena tidak menghadiri undangan sahabat Anda. Dan juga, menghadiri undangan merupakan salah satu untuk mempererat silaturrahmi. Dan juga mendekatkan jodoh, hihi. Siapa tahu, peserta undangan tersebut adalah jodoh Anda, kalau Anda jomblo.

4. Olahragalah

olahraga

Berapa banyak sih anak muda yang malas berolahraga? Jawabannya banyak banget. Alasannya macam-macam pula. Apakah itu salah? Salah besar.

Kenapa? Karena di masa tua akan berdampak serius. Salah satunya berdampak pada tulang. Malas berolahraga akan mengurangi kepadatan tulang. Hal tersebut akan mempercepat proses osteoporosis. Di masa tua adalah masa di mana pengelupasan tulang dalam waktu cepat. Jika di masa muda malas berolahraga, maka kecepatan pengelupasan tulang semakin cepat. Jika di masa muda rajin berolahraga, di masa tua seharusnya tidak perlu tongkat. Tapi jika di masa muda malas berolahraga, di masa tua akan membutuhkan kursi dorong (Andrea Di Blasio, dkk).

Maka dari itu, agar tidak menyesal sebaiknya lakukan olahraga. Cukup lari santai tiga puluh menit saja kok, sudah banyak membakar lemak tuh.

Selain itu, malas berolahraga membuat dampak kesehatan lainnya. Misalnya, orang yang malas berolahraga akan terkena diabetes dan stroke. Orang yang malas berolahraga juga akan lemas badannya, seperti tidak ada gairah.

5. Menabung dan Berinvestasi

Ketika gajian, apa yang Anda lakukan? Berfoya-foya sehingga menghabiskan uang gajian Anda? Atau langsung membeli alat atau branded mewah yang akan menaikkan status sosial Anda. Itu tidak baik loh. Bolehlah sekali-kali, tapi jangan sampai setiap gajian, akhir bulan uang gaji tersebut habis.

Mulailah untuk menabung hasil gaji tersebut. Hal tersebut lebih efektif untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Lagian apa sih susahnya menabung? Hanya memberikan sebagian kecil uang gaji ke bank, selesai. Hehehe, menabung mudah sih, tapi niat mau menabungnya susah banget.

Janganlah mengikuti prinsip orang konsumeris, yang berpikir akan membeli barang branded untuk menaikkan status sosialnya. Berpikirlah orang sukses, yang berpikir, uang tabungan dan investasi yang akan menaikkan status sosialnya.

Orang sukses malam itu menghambur-hamburkan uang. Uang mereka sebaiknya di tabung. Tapi ditabung saja tidak cukup. Mereka pun mulai berinvestasi agar lebih produktif.

6. Mulailah Memaafkan Orang lain

Ada gitu orang yang malas memaafkan orang lain, sehingga dia akhirnya menyesal. Maka dari itu, agar tidak menyesal sebaiknya mulailah memaafkan orang lain. Memaafkan orang lain memang sulit, tapi harus dilakukan agar tidak menyesal.

Kesalahan yang dilakukan orang lain kadang tidak ringan, tapi berat banget. Misal, teman Anda menikung pacar Anda. Bayangkan kalau Anda tidak memaafkan teman Anda yang menikung pacar Anda. Seumur hidup Anda menyesal karena tidak berteman lagi dengannya.

Penyesalan itu selalu datang terlambat. Mulailah memaafkan orang lain, agar Anda tidak menyesal.

7. Berekreasi

Jangan hanya bekerja terus yang dipikirkan, sampai-sampai lupa untuk berekreasi. Mulailah berekreasi di waktu senggang Anda. Jangan pula setiap hari berekreasi, pada hari-hari tertentu saja. Dan nikmatilah momen rekreasi tersebut sebaik-baiknya. Kalau sedang berekreasi, jangan pikirkan pekerjaan.

Bagi orang kaya dengan uang yang berhamburan, berekreasi ke tempat paling indah bukanlah hal sulit. Tapi bagaimana Anda yang penghasilan pas-pasan? Mudah saja, bermain bersama keluarga merupakan rekreasi juga loh. Sediakan waktu bersama keluarga. Hal tersebut memberikan positif bagi Anda dan keluarga Anda.

8. Jangan Tunda Beribadah

Ada sebuah kisah, ketika masih muda dia malas beribadah. Ketika dia sudah tua, dia ingin bertobat, dia berencana besok akan bertaubat. Namun, pada malam harinya, dia telah meninggal.

Agar tidak menyesal di akhirat sebaiknya jangan tunda beribadah. Beribadahlah seolah-olah Anda mati besok. Walaupun Anda masih muda, masih unyu-unyu, jangan berpikir kalau Anda memiliki umur panjang. Banyak loh orang yang mati muda. Jangan tunda ibadah Anda, karena itu berbahaya sekali.

Penutup

Penyesalan itu memang datangnya terlambat, sangat tidak mungkin penyesalan itu datang pertama kali. Maka dari itu, agar tidak menyesal, sebaiknya lakukan hal-hal yang berguna di masa muda. Janganlah menyia-nyiakan umur sehingga di masa tua menyesal seumur hidup. Menyesal hari tua itu sangat tidak baik. Waktu akan terus berputar, waktu tidak bisa diulang lagi. Seandainya ada mesin waktu, dan Anda ingin kembali ke masa lalu, penyesalan itu akan selalu ada semur hidup Anda.

Demikian hal yang harus dilakukan agar tidak menyesal. Semoga kita semua tidak menyia-nyiakan masa muda.

Leave a Reply